Dagelan Media Lewat Pertunjukan Teater

57

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Ilustrasi (talkalotsaynothing.blogspot.com)

Jumat (15/4), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Lakon mengadakan pagelaran bertajuk Machine #2 di gedung Amphiteater Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Wildan Kurnia, selaku sutradara, mengatakan bahwa pagelaran ini menceritakan tentang peran media dalam mempengaruhi paradigma masyarakat. “Adegan peran media pada adegan iklan, yang cantik ditampilkan ditelevisi. Disitu bagaimana iklan merubah konsep berfikir kita,” kata Wildan.

Hal ini, lanjutnya, membuktikan bahwa media telah merubah cara berfikir kita. Contohnya, cakupan orang cantik sekarang adalah orang yang putih dan tidak berjerawat. “Kadang kita tidak berani keluar rumah tanpa menyisir rambut, berpakaian rapih, itu juga peran media,” lanjut Wildan.

Dalam pagelarannya, pada adegan iklan, beberapa pemain masuk kedalam kotak dengan menyebutkan berbagai merk iklan secara bergantian yang disingkat menjadi rangkaian kata yang lucu. Akibatnya, adegan tersebut membuat penonton tertawa.

Pada pertengahan pertunjukan, terdapat adegan menari dengan setting di Club, sehingga para pemain mengajak beberapa penonton untuk menari di atas panggung. Hal ini, menurut Ridha Novrianda Nasution sebagai pemain pendukung, bertujuan agar penonton tidak merasa jenuh. “Jadi ada peran dari penonton juga,” ujar Ridha kepada isolapos.com.

Selanjutnya, pagelaran Machine #2 ini akan diperlombakan pada Festival Teater Mahasiswa Nasional (Festamasio). Yaitu festival dimana sebelumnya UKM Teater Lakon menjuarai lomba tersebut dengan judul Machine #1.

Festamasio ini akan digelar oleh Universitas Sriwijaya di Palembang pada 17-24 April 2011 dimana UKM Teater Lakon menjadi perwakilan dari Jawa Barat. “Harapannya, yah semoga jadi juara lagi seperti tahun kemarin,” ujar Wildan mengakhiri. [Novitasari]

Comments

comments