UPI Naikkan Dana Penelitian

57

Nampak Rektor UPI SUnaryo Kartadinata hadir (tengah) dalam acara Lokakarya, Seminar dan Bazaar Program Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Selasa (28/02)

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Dana untuk penelitian di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang berasal dari dana universitas, tahun ini jauh lebih besar dari tahun lalu. Hal tersebut disampaikan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Sunaryo Kartadinata dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Lokakarya, Seminar dan Bazaar Program Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Selasa (28/02).

“Untuk itu semangat research harus terus kita bangun,” tambah Sunaryo.

Meskipun demikian, Sunaryo tidak menyebutkan besarnya peningkatan dana itu. “Kenaikannya sekitar 100% dari tahun kemarin,” ungkapnya.

Sunaryo berharap, setelah kegiatan ini berlangsung, jurnal-jurnal yang terakreditasi Nasional maupun internasional dapat lahir. “Jangan mau kalah dengan PTS,” kata Sunaryo.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Ida Hamidah, menjelaskan seminar ini diikuti oleh pelaksana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dosen di lingkungan UPI sebagai calon penulis proposal penelitian, dan Guru-guru Sekolah menengah di Kotamadya dan Kabupaten Bandung.

Dalam kegiatan ini, imbuh Ida, para peserta diberikan pengarahan tentang penyusunan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat yang bermutu, sehingga dapat menangkap peluang dana yang ditawarkan. “Kalo dananya besar, tentu hasil penelitiannya besar,” kata Ida.

Kegiatan ini, lanjut Ida, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peneliti agar mensosialisasikan hasil penelitiannya sehingga tidak berakhir pada meja laporan saja. “Harus ada bentuk yang lebih real,” ujar Ida.

Selain itu, Ida menjelaskan, juga dimaksudkan untuk menyampaikan informasi tentang hasil-hasil penelitian dan hasil pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh para dosen di lingkungan UP.

Kemudian, untuk sasaran kegiatan, lebih lanjut Ida menjelaskan, adalah untuk menyelaraskan rencana dan program di tingkat program studi tentang kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai bidang yang ditekuninya. “Hasilnya Insya Alloh besok,” kata Ida. [Dini Ehom]

Comments

comments