GMB Gelar Aksi Anti Plagiarisme

7

Aksi Moralitas yang dilakukan oleh Gerakan Mahasiswa Bangkit (GMB) Selasa (6/3)

Bumi Siliwangi, isolapos.com,-

Menanggapi kasus plagiarisme yang terjadi di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Bangkit (GMB) menggelar aksi bertajuk moralitas menolak plagiarisme. Aksi tersebut dimulai dari gedung pusat kegiatan mahasiswa sampai ke Gedung Rektorat UPI, Selasa (06/03).

Dalam aksi tersebut, GMB meminta kejelasan dan transparansi dari pihak UPI mengenai kasus yang terjadi. Pasalnya, nama-nama yang melakukan plagiarisme hanya disebut di beberapa media saja. “Kita belum tahu seberapa jauh mereka memplagiat dan bentuknya seperti apa.” ujar komandan lapangan aksi, Muhammad Ilham Gilang.

Gilang menjelaskan bahwa aksi ini bertujuan untuk menindak tegas pelaku dan meminta pelaku untuk melakukan permohonan maaf di depan publik. Gilang menyayangkan sanksi yang diberikan hanya berupa penurunan pangkat dan golongan saja.“Kalau di kampus lain itu biasanya kasus plagiarisme langsung mendapat hukuman berat,” kata Gilang.

Usai melakukan orasi di depan gedung rektorat UPI, GMB memohon kejelasan atas permasalahan plagiarisme kepada pihak UPI. Pasalnya pihak UPI yang semula setuju akan berbicara, malah terkesan menutup-nutupi mengenai apa yang sedang terjadi. “Ketika kita masuk lagi, itu ternyata rapatnya sudah selesai, berarti kan betul-betul ada yangg ditutup-tutupi,” ujar Gilang. [Lia Anggraeni & Citra Amalia]

 

Comments

comments