Perpustakaan UPI Dua Hari Tak Layani Pinjaman

48

Pengumuman penghentian pelayanan Perpustakaan UPI.

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Pelayanan peminjaman buku perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) selama dua hari ini tidak bisa dilakukan. Penghentian pelayanan terhitung sejak Rabu (29/2) sampai hari ini (1/3).

Peminjaman dan pengembalian buku tidak bisa dilakukan karena pihak UPI sedang melakukan perbaikan server dan penambahan bandwith atau kecepatan internet seluruh jaringan di universitas.

“Itu dampaknya juga ke perpustakaan,” jelas Divisi Pelayanan Perpustakaan UPI, Nana, saat ditemui isolapos.com di ruang kerjanya.

Nana mengungkapkan sistem pelayanan peminjaman dan pengembalian buku di perpustakan sangat bergantung pada koneksi internet. Karena saat ini koneksi internet yang masih belum dapat digunakan seperti biasanya menyebabkan pihaknya mematikan pelayan peminjaman buku yang menggunakan sistem tersebut.

Namun, kata Nana, untuk pengembalian buku masih bisa dilakukan dengan sistem lain. “Kalo pengembalian buku kita masih bisa melayani,” katanya.

Pihak perpustakaan sendiri tidak melakukan sistem manual untuk peminjaman buku karena akan mengacaukan sistem komputerisasi dalam pendataan buku. “Nanti kita harus meng-entri lagi ke dalam komputer, dan datanya akan berantakan,” jelas Nana.

Selain itu pihak universitas sendiri menghindari kerusakan yang akan terjadi jika pihaknya masih menggunakan sistem tersebut untuk peminjaman buku. “Sebenarnya sistemnya tidak begitu bermasalah, hanya saja tidak stabil,” tutur Nana.

Nana mengatakan bahwa pihaknya masih belum dapat memastikan sampai kapan hal itu terjadi. Pihak perpustakaan hanya dapat menunggu sampai perbaikan jaringan internet selesai. “Tidak ada upaya apapun, selain menunggu kepastian dari pihak TIK,” kata Nana.

Meski begitu, Nana mengatakan pihaknya akan melayani barang siapa yang akan meminjam buku dengan alasan yang mendesak. “Tadi juga ada mahasiswi S2 yang akan sidang untuk meminjam buku,” jelas Nanda. [Resti S Cahyati]

Comments

comments