Penyambutan Para Wisudawan UPI

130

Salah satu aksi penyambutan yang dilakukan oleh Mahasiswa Jurusan pendidikan Geografi UPI, saat penyambutan wisuda di depan Gymnasium, Rabu (18/4)

Bumi Siliwangi, isolapos.com,-

Sejumlah mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dari berbagai jurusan menggelar penyambutan wisudawan dari jurusannya dengan gaya masing-masing. Keramaian aksi dari berbagai mahasiswa ini menimbulkan perhatian khalayak, bahkan ada seorang anak yang sampai hilang karena asyik melihat penyambutan wisuda Himpunan Geografi. “Iya tadi sampai ada anak yang ilang,” jelas Yuliana, salah satu mahasiswa geografi, Rabu (18/04).

Sejak pukul 9 pagi, tiga puluh mahasiswa dari jurusan geografi ini melakukan aksi penyambutan yang cukup berbahaya. Beberapa orang dari mereka, memecahkan batu bata dengan memukulkan ke kepala. Selain itu, ada juga yang menyemburkan minyak tanah dari mulutnya hingga menimbulkan api di udara. “Ya ini bentuk solidaritas kami dengan kaka tingkat,” ujar Tri Widodo, koordinator aksi ini.

Komunitas mahasiswa jurusan seni rupa yang dikenal dengan sebutan Garniati “Garing Mania sampai Mati”, melakukan performance art di depan gedung Gymnasium. Sebanyak  tujuh mahasiswa melakukan tarian-tarian aneh yang mengundang tawa orang yang melihatnya. “ini temanya performance art, beda dengan teaterikal,” kata Fachrul koordinator aksi performance art itu.

Fachrul mengatakan, selain untuk menyambut para wisudawan jurusan seni rupa, mereka bermaksud mengkritik gaya pakaian masa kini. Menurutnya, kini laki-laki banyak yang menggunakan pakaian perempuan, begitu juga sebaliknya. “Untuk mengkritisi gaya pakaian masa kini juga,” kata Fachrul.

Orangtua salah satu wisudawan jurusan Manajemen Industri Katering (MIK), Emi, mengaku senang melihat aksi dari mahasiswa seni rupa ini. Menurutnya mereka sangat unik dan mengundang tawa. “Baru pertama kali saya lihat yang seperti ini,” ujarnya.

UPI tahun ini melantik sebanyak 2.124 orang pada Wisuda Gelombang I Tahun akademik 2011/2012 yang terdiri dari 60 doktor, 149 magister pendidikan, 9 magister non pendidikan, 1.739 sarjana pendidikan, 248 sarjana non pendidikan, dan 9 diploma non pendidikan di Gedung Gymnasium UPI. [Melly A Puspita]

Comments

comments