Cairnya Beasiswa Menunggu SK

204
Ilustrasi

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

“Kalau SKnya (Surat Keputusan Rektor-red) cepat ya cepat kalau lama ya lama,” tutur Bendahara Pengeluaran Direktorat Keuangan Univesitas Pendidikan Indonesia (UPI), Ety Suhaeti saat ditanya perihal kapan pencairan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Rabu (8/5).

Ety menjelaskan pencairan beasiswa PPA dan BBM akan diproses jika data penerima beasiswa sudah lengkap dan telah ada SK. “Sekarang bagaimana kita akan memproses jika SKnya saja belum ada,” tuturnya.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Lina Rahmawati mengungkapkan keheranannya terkait data penerima mahasiswa. Menurutnya pihak Dirmawa harus sejak jauh hari memberi batas waktu untuk pengumpulan persyaratan penerima beasiswa.

“Kasihan aja sama teman-teman yang sudah berharap banyak sama beasiswa bulan sekarang tapi ternyata beasiswanya gak cair,” kata Lina

Menurut Ety pada tahun 2011 SK telah terbit pada bulan Maret,  namun pada tahun ini sampai sekarang belum terbit. “Jika SK terbit setelah bulan Mei kemungkinan nanti bisa kita mintakan selama enam bulan sekalian tidak empat bulan,” ucap Ety.

Berdasarkan pemaparan Ety, proses pencairan beasiswa PPA dan BBM cukup rumit. Menurutnya setelah data penerima beasiswa lengkap dan terkumpul di Direktorat Keuangan, pihaknya akan mengirimkan surat permintaan pembayaran ke Badan Pengelola  Kas Negara. “Surat itu harus ditandatangani pejabat UPI, kadang kalau pejabatnya sedang gak ada itu yang repot,” papar Ety.

“Kalau ada kesalahan ketik sedikit saja akan dikembalikan dan harus minta tanda tangan pejabat lagi,” tambah Ety.

Kendala lain menurut Ety adalah data penerima besiswa dari Dirmawa terkadang nomor rekeningnya belum lengkap. [Siti Haryanti]

Comments

comments