Bagir Manan: Jurnalis Merupakan Orang yang Senang Mencari

29

Bandung, isolapos.com

“Jurnalis merupakan orang yang senang mencari dan menyebarkan informasi yang akan membuatnya menjadi lebih kreatif,” ujar Ketua Dewan Pers, Bagir Manan saat menjadi pemateri dalam Workshop Pers Mahasiswa di Hotel Golden Flower Bandung, Senin (11/6).

Menurutnya pengalaman jurnalistik ketika menjadi mahasiswa akan sangat menguntungkan karena melatih kedisiplinan dan melatih orang untuk senang mencari sesuatu. “Pekerjaan jurnalistik adalah profesi yang terbuka untuk siapa saja yang mencintai kemerdekaan,” tambah Bagir.

Sama halnya dengan Bagir, Wakil Ketua Dewan Pers, Bambang Harymurti menjelaskan, tujuan  pers mahasiswa merupakan langkah untuk menjadikan Indonesia ke arah yang lebih baik. Menurutnya, pers mahasiswa senang mencari kebenaran karena mempunyai keidealisan yang tinggi. “Selain itu pers mahasiswa sangatlah progresif,” ujar Bambang.

Bambang menambahkan, meskipun pers mahasiswa mempunyai kekuatan, namun pers mahasiswa memiliki kelemahan yang tidak bisa dihindari seperti modal keuangan yang terbatas. “Maka tak jarang, biaya produksi lebih besar dari pada modal yang kembali,” tutur Bambang. [Julia  Hartini]

Comments

comments