Aa Gym : Pintar Pendidikan tak Lupa Perbaiki Karakter

176


Abdullah Gymnastiar saat memberikan ceramah rohani di acara MOKAKU Universitas Pendidikan Indonesia, jumat(31/9).

Bumi siliwangi, isolapos.com

Di hari terakhir Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum  (MOKAKU) Universitas Pendidikan Indonesia 2012, di tutup dengan ceramah rohani oleh kiai kondang , Abdullah Gymnastiar yang akrab dipanggil Aa Gym di Gedung Gymnasium UPI. Aa Gym dalam ceramahnya mengatakan sebagai mahasiswa yang pintar kita harus bisa seimbah antara pintar pendidikan dan pintar memperbaiki karakter. “Boleh jadi kita sibuk dengan pendidikan namun jangan lupa untuk memperbaiki karakter,” ujar Aa Gym,Jumat(31/9).

“Belajar itu penting tapi jujur jauh lebih penting,” tegas Aa Gym.

Aa Gym juga menjelaskan Nabi Muhammad SAW. di utus ke bumi dengan tujuan untuk menyempurnakan akhlak manusia agar menjadi baik. Orang yang akhlaknya baik disituasi apapun responnya selalu baik pula, karena akhlak adalah respon segala kegiatan. “Jadi yang dinamakan akhlak adalah respon spontan yang muncul,” tegas Aa Gym.

Dan akhlak yang baik tergantung dari hatinya, contohnya saja seorang guru, guru jika dia dikelas sering marah iru sudah jelas ketahuan guru tersebut akhlaknya tidak baik, “karena guru yang paling baik akhlaknya adalah guru yang paling baik hatinya,” kata Aa.

Aa Gym mengatakan, kunci untuk menjaga hati adalah kita jangan pernah melihat orang lain lebih rendah dari kita. “karena sesungguhnya kita ini manusia kecil yang banyak salah dan kita ini manusia yang tidak pantas untuk sombong,” pungkas Aa Gym. [Rifqi Nurul Aslami]

 

Comments

comments