Mahasiswa UPI Cipta Inovasi Kompor Magnet

0

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Dua mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Pendidikan Teknik dan Kejuruan (FPTK) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Ganjar Candra Sumindar dan Helmi Wibowo membuat inovasi berupa kompor magnet tanpa api.

Kompor magnet ini berhasil masuk sepuluh besar dalam kegiatan Recognition and Monitoring Program (RAMP) di Institut Pertanian Bogor (IPB) 2010. Menurut mereka, ide tersebut lahir dari rasa keprihatinan mereka terhadap kompor konvensional yang tidak ramah lingkungan. “Awalnya karena lihat kompor api yang kotor dan boros,” ujar Helmi.

Ganjar menjelaskan, cara kerja kompor ini pada dasarnya adalah mengubah energi listrik menjadi energi panas dengan menggunakan lilitan yang menginduksi magnet. Sehingga, menimbulkan arus yang menghasilkan energi panas pada logam. Energi panas inilah yang kemudian dapat digunakan sebagai pengganti api untuk memasak.

Ia menambahkan, bahwa teknologi kompor magnet yang mereka buat lebih aman karena tidak menghasilkan api sehingga tidak berisiko kebakaran. Selain itu, alat ini juga dirancang sebagai terobosan yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan zat buang dan menggunakan sumber energi yang dapat diperbarui. “Listrik itu energi hijau yang bisa dikembangkan,” ucap Ganjar.

Mereka berencana untuk menerapkan teknologi serupa pada alat rumah tangga lainnya. Seperti, Rice Cooker, Dispenser, dan Water Heater. “Jadi, teknologi ini tidak hanya bisa diterapkan ke kompor aja,” ungkap Ganjar. [Cindy M. Ratu]

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com