UPI Lepas Peserta SM3T

110
Suasana pelepasan peserta SM3T di Gedung University Center (UC), Senin (15/10).

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar acara pelepasan peserta Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T), di Gedung University Center (UC), Senin (15/10).

SM3T ini merupakan program pemerintah untuk pemerataan pendidikan ke seluruh pelosok Indonesia. Keseluruhan peserta dari UPI berjumlah 55 orang. Jumlah tersebut dibagi ke dalam dua kelompok berdasarkan daerah yang dituju. “Kelompok pertama sebanyak 34 orang ke kota Aceh dan kelompok kedua sebanyak 21 orang ke kota Kupang,” ujar Tjutju Yuniarsih, koordinator SM3T UPI.

Menurut Tjuju, selain untuk program pemerataan pendidikan di daerah terpencil, program ini juga berfungsi sebagai pembentukan kualitas tenaga pendidik. “Tidak hanya dari pendidikan intelektual, tetapi mereka juga memperoleh pengalaman bagaimana mereka berkomunikasi dengan masyarakat dan menghadapi lingkungan baru,” ujar Tjutju.

Peminat program SM3T pada tahun kedua ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun pertama. “Pendaftar tahun kemarin sebanyak 90 orang, tahun ini bertambah menjadi 144 orang lulusan UPI yang mendaftar,” kata Tjutju.

Salah seorang peserta SM3T dari jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Riki Rosada, berharap bisa memberikan yang terbaik di lokasi SM3T. “Semoga kami bisa membantu mewujudkan generasi yang lebih baik lagi disana,” harap Riki. [Cindy Mutiaratu]

 

Comments

comments