Dosen PGSD UPI Siap Kaji Kurikulum Baru

273

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Menanggapi rancangan kurikulum Sekolah Dasar (SD) untuk tahun ajaran 2013/2014, Dosen Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Dharma Kesuma, mengaku akan siap mengkaji jika jadi diterapkan tahun depan. “Pelajari dulu kurikulum barunya, jika ada kelemahan akan kami perbaiki,” katanya, Rabu (14/11).

Dharma menilai kurikulum ini bagus karena selain mengurangi beban siswa, pembelajaran pun akan lebih ditekankan pada proses. “Ini akan mengurangi beban siswa, guru pun bisa mengajar lebih kepada proses,” jelasnya pada isolapos.com.

Dharma memandang proses pelaksanaan pembelajaran lebih penting dari pada isi kurikulum. Menurutnya, penekanan proses pembelajaran dapat lebih mendidik siswa. Ia mengatakan guru dapat mendorong siswa untuk menciptakan sesuatu bukan hanya menerima sesuatu saja. “Siswa itu harus didorong menjadi pencipta bukan pengekor,” katanya.

Kini, lanjut Dharma, Ia sudah mulai menerapkan pengajaran pada proses keterlibatan siswa bukan hanya sekedar transfer informasi dalam perkuliahan yang Ia ajar. “Saya sudah mulai mempraktekkan penekanan terhadap proses pada mahasiswa saya,” jelasnya.

Ia menambahkan, kunci utama suksesnya kurikulum baru bukan rancangan kurikulum itu tapi guru. Menurutnya, baik melakukan perubahan maupun penambahan isi kurikulum, tidak akan berpengaruh jika kunci utamanya yakni guru tidak diberdayakan. “Rancangan ini akan berhasil kalau guru-gurunya diberdayakan, ibaratnya sebagus apapun sangkar burungnya kalau burungnya jelek ya tetap jelek,” tandasnya. [Nur Anisa K.]

Comments

comments