Kurikulum Indonesia Berubah Terus Menerus

69

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Perubahan kurikulum di Indonesia telah terjadi hingga ke sepuluh kalinya. Yang teranyar, perubahan kurikulum baru untuk ajaran 2013/2014 akan segera diterapkan.

Menanggapi perubahan tersebut, Sekretaris Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Deni Darmawan, mengungkapkan ketidaksetujuannya. “Kurikulum zaman dulu pun, kalau guru mampu melakukan penelitian dan perubahan peningkatan kualitas dalam pembelajaran, pasti berhasil.” tutur Deni, Kamis (29/11).

Menurut Deni,  suatu negara tidak perlu melakukan perubahan kurikulum. Contohnya, Austria. Dalam kunjungannya ke Austria, ia melihat negara tersebut tidak terus-menerus melakukan perubahan kurikulum. “Tidak ada istilahnya perubahan kurikulum secara terus-menerus,” tegas Deni.

Bahkan dibandingkan dengan Malaysia, Deni menambahkan, perubahan kurikulum tidak sesering di Indonesia. Deni mengungkapkan, guru di Malaysia mengajar secara kreatif dan melakukan perubahan kualitas belajar. “Malaysia tidak pernah sering melakukan perubahan dalam kurikulum tapi gurunya kreatif,” terangnya.

Deni berharap perubahan kurikulum ini dapat disikapi dengan perubahan kualitas guru. “Mohon perubahan ini disikapi dengan nilai-nilai kreativitas, inovatif, dengan keinginan melakukan penelitian di kelas,” tambahnya. [ Nur Anisa ]

Comments

comments