1500 Guru Tuntut Kelulusan PLPG

54
Nampak sekitar 1500 guru berkumpul di Gedung Rektorat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melakukan unjuk rasa menuntut kelulusan ujian Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG), Senin (10/12).

Bumi Siliwangi, isolapos.com,-

Sekitar 1500 guru yang tergabung dalam forum guru se-Jawa Barat melakukan unjuk rasa di Gedung Rektorat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menuntut kelulusan ujian Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG), Senin (10/12).

Unjuk rasa ini dilakukan atas dasar ketidakpuasan guru terhadap keputusan hasil PLPG 2012 yang menyatakan mereka tidak lulus. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Herman mengungkapkan pelaksanaan PLPG terlalu berkonsentrasi pada sebagian kompetensi saja. “UPI terlalu berkonsentrasi pada kompetensi pedagogi dan profesional saja, sedangkan aspek kepribadian dan sosial tidak diperhatikan,” ujar Herman.

Namun, lain halnya dengan Firman Syahnur sebagai anggota Asosiasi Guru Matematika Indonesia yang menyatakan bahwa kelulusan PLPG seharusnya tidak berlaku bagi mereka yang sudah jadi guru. Baginya masalah peningkatan mutu adalah suatu yang berjalan dengan sendirinya. “Jangan ada istilah lulus dan tidak lulus bagi guru,” kata Firman.

Guru-guru yang hadir dalam aksi tersebut berharap agar ada kebijaksanaan dari penyelenggara PLPG. Salah satunya Oneng, guru asal Sumedang ini berharap bisa diluluskan tanpa syarat karena sudah mengajar selama 32 tahun. “Kepada penyelenggara PLPG apakah dia tidak ada belas kasihan?,” ucap Oneng. [Fajar Slamet R.]

 

Comments

comments