Jam Perpustakaan Ditambah

1
Pengendara motor melihat spanduk pengumuman perpanjangan jam operasional perpustakaan di depan lapangan parkir Universitas Pendidikan Indonesia. Pengumuman ini menyatakan mulai bulan Februari, perpustakaan melayani pengunjung hingga jam 21.00.

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Mulai tanggal 6 Februari kemarin, Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) memperpanjang jam operasional layanannya hingga pukul 21.00. Meski begitu, perpanjangan jam operasional itu masih hanya berlaku sebatas untuk hari Rabu setiap minggunya.

Seperti diketahui sebelumnya, baru pukul setengah empat sore saja, mahasiswa yang memanfaatkan ruang perpustakaan, sudah harus pulang diusir petugas.

Namun kini, setiap hari Rabu, mahasiswa bisa lebih banyak waktu untuk membaca buku dan memanfaatkan fasilitas Perpustakaan, hingga pukul sembilan malam. “Kami menambahkan jam operasional yang asalnya jam 8 sampai 15.30 itu, sekarang tiap Rabu jadi sampai malam,” kata Kepala Perpustakaan UPI, Dinn Wahyudin, saat ditemui isolapos.com di ruangannya, Rabu (6/2).

Menjelaskan kabar gembira tersebut, Dinn mengatakan, penambahan jam operasional ini merupakan salah satu upaya peningkatan pelayanan untuk pengunjung perpustakaan. “Pelayanan perpustakaan harus dikembangkan, atas dasar itulah salah satu upayanya, kami memperpanjang jam operasional,” ujar Dinn.

Atas  upaya untuk memperpanjang jam operasional perpustakaan ini, banyak mahasiswa yang mengapresiasi. Purnama Sari Sirait, misalnya. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Perancis ini mengaku merasakan manfaat atas penambahan jam operasional perpustakaan.

Menurut Purnama, bertambahnya jam operasional perpustakaan, memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang jadwal perkuliahannya hingga sore hari untuk dapat mengunjungi perpustakaan. “Jadi, setelah bubaran masih bisa ke perpus(perpustakaan –red),” ujar Purnama.

Senada dengan Purnama, Ratna Fitriani Imanita juga mengungkapkan kegembiraannya. Ratna yang juga sejurusan dengan Purnama berharap, agar penambahan jam operasional ini tidak hanya berlaku untuk hari Rabu saja, namun dapat diberlakukan juga di hari lain. “Lebih bagus kalau ditambahin hari Sabtu, supaya mahasiswa bisa menghabiskan waktu santai dengan baca di perpus (perpustakaan-red),” ungkap Ratna.

Meski sudah memperpanjang jam operasionalnya, Dinn mengaku belum mengadakan penambahan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung perpanjangan ini. “Untuk sementara pakai SDM yang sudah ada, tentu ada honor tambahan untuk itu,” jelas Dinn.

Ditanyai perihal penambahan hari untuk jam buka malam, Dinn menjelaskan akan melakukan evaluasi terlebih dahulu. “Tidak menutup kemungkinan kami akan menambah hari,” ungkap Dinn.

Terkait hal itu, Din menyatakan harapannya agar fasilitas umum seperti lampu jalan di kampus UPI dapat dimaksimalkan untuk mendukung jam malam perpustakaan. “Kan supaya tidak gelap dan berbahaya kalau mahasiswa pulang malam dari perpustakaan,” ungkap Dinn. [Cindy Mutiaratu]

Comments

comments

Discussion1 Comment

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com