Kekerasan, Sebuah Tindakan Tak Berakal

1
Tulisan yang ditunjukkan untuk LPM Didaktika seusai pengeroyokan.

Petisi ini merupakan bentuk dukungan Unit Pers Mahasiswa Isola Pos sebagai Pers Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kepada Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Didaktika Universitas Negeri Jakarta (UNJ) .

Seperti dijelaskan dalam pressrelease di media online Didaktika yang mengatakan bahwa telah terjadi pemukulan kepada seorang jurnalis, bernama Chairul Anwar di sekretariat LPM Didaktika. Di mana Pemukulan tersebut dilakukan oleh mahasiswa UNJ Fakultas Ilmu Keolahragaan karena keberatan dengan pemberitaan yang diturunkan oleh salah satu media LPM Didaktika.

Peristiwa tersebut mengingatkan kami kembali, akan pembungkaman pers di zaman orde baru. Pembungkaman bisa dengan cara pembekuan terhadap perusahaan media ataupun tindakan kekerasan yang dialami oleh jurnalis jika memberitakan peristiwa yang menyinggung penguasa zaman itu.

Perlakuan itu sudah tidak layak diterapkan. Pun dengan perlakuan mahasiswa yang bermain otot jika tak suka dengan pemberitaan yang dipublikasikan. Hal yang menjadi pertanyaan, mengapa kekritisan menjadi ancaman universitas baik pihak mahasiswa maupun pimpinan universitas. Bukankah kritik ada untuk sesuatu yang lebih baik.

Setelah membaca kronologis kejadian, kami Unit Pers Mahasiswa Isola Pos menyayangkan atas tindakan pihak rektorat yang seolah tak peduli atas terjadinya kekerasan ini. Pers menyuarakan apa yang sebenarnya terjadi, insan pers pun selalu melakukan dengan kebenaran prosedural yang sesuai dengan kode etik yang menaungi kami, yaitu kode etik jurnalistik yang dibuat oleh Dewan Pers.

 UPM Isola Pos sangat menyayangkan atas kejadian tersebut. Kami,  UPM Isolapos:

-mendesak pihak rektorat untuk menindak pelaku kekerasan, karena mendiamkan berarti setuju dengan perbuatan tersebut,

-mendesak pihak kepolisian untuk menindak tegas bentuk penganiayaan tersebut karena sudah merupakan tindakan kriminal,

-meminta pihak universitas agar memberikan jaminan keamanan bagi para jurnalis mahasiswa dalam kerjanya memenuhi hak  publik atas informasi,

-mendorong universitas untuk mencegah segala bentuk kekerasan dan teror terhadap jurnalis mahasiswa,

Demikian Petisi ini kami buat.

                                                                                                                                                                                                                                                   UPM Isola Pos

Comments

comments

Discussion1 Comment

  1. Pingback: Pernyataan Sikap atas Tindak Kekerasan Terhadap Jurnalis Mahasiswa | REMA UPI

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com