Munir: Internet Sebagai Sumber Informasi Nonlinear

50

 

Peserta National Education Conference saat menyimak pembicaraan tentang information Communication Technolgy di Gedung Auditorium Fakultas Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Kamis (14/11).

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

 Membahas Penggunaan  ICT (information Communication Technolgy) dalam acara National Education Conference 2013,  Direktur Direktorat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) UPI, Munir mengatakan bahwa pola pembelajaran linear seperti menggunakan buku sebagai referensi sudah memasuki tahap kejenuhan. “Sebenarnya internet sebagai sumber informasi nonlinear bisa dijadikan suplemen,” kata Munir, di Gedung Auditorium Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Kamis (14/11).

Lanjutnya, Munir mengatakan bahwa pengembangan ICT membantu kinerja pendidikan secara terpadu, sehingga mampu mewujudkan manajemen pendidikan yang efisien, transparan, dan akuntabel. Ia menambahkan,  di tengah era globalisasi yang ditandai dengan semakin cepatnya arus informasi dan komunikasi, IT mampu memberikan aksesibilitas kesempatan belajar pada peserta didik. “IT memungkinkan penyamarataan informasi ke berbagai wilayah,” tutur Munir di hadapan mahasiswa.

Namun, penggunaan IT dalam pendidikan masih terbentur dengan beberapa permasalahan sehingga berpeluang besar menimbulkan dampak negatif.  Ia menuturkan, 39% pengguna internet di Indonesia adalah pelajar dan berdasarkan indeks kesukaan, pornografi dan sex masih mendominasi situs-situs yang di akses.  “ Dalam upaya memproteksi, bergantung pada kebijakan pemerintah,” jelas Munir.

Selain masalah IT, pengembangan karakter di kampus pun perlu dilakukan. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor UPI, Sunaryo Kartadinata sebagai Keynote Speaker dalam acara yang sama. Menurutnya, melalui proses akademik seperti Tri Dharma Perguruan Tinggi di antaranya pendidikan, penelitian, dan pengabdian. “ Dengan begitu akan ada aksi antara mahasiswa  dan dosen, yang akan menciptakan dunia baru yang lebih baik,” ucap Sunaryo (Hikmat Syahrulloh)

Comments

comments