Seorang Dosen Universitas Brawijaya Diduga Plagiat

27
Ilustrasi

Bumi Siliwangi, Isolapos.com

Seorang dosen Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang diduga melakukan penjiplakan terhadap karya dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Penulis buku yang karyanya dijiplak, Andika Dutha Bachari disela-sela kesibukannya menjelaskan bahwa awal mula terungkapnya kasus memalukan ini adalah adanya laporan dari Kholid A. Harras. Kholid memberitahu dirinya bahwa buku mereka yang berjudul Dasar-Dasar Psikolinguistik itu telah dibajak oleh seorang dosen muda Universitas Brawijaya (Unibraw) berinisial V. H. Menurut Andika, kasus tersebut bisa terjadi karena adanya tuntutan dari pihak kampus untuk membuat bahan ajar sendiri, hingga ahirnya V. H. mengambil jalan pintas. “Entah dicetak atau enggak di sananya,” tegas Andika kepada isolapos.com, Senin (18/11).

Andika menambahkan, dirinya tak memerlukan waktu lama untuk membuktikan dugaan kasus plagiat yang dilakukan oleh oknum dosen Universitas Brawijaya itu. Berbekal print out dari filenya V. H. yang tersedia di Direktori File Unibraw, dia sudah mampu menyimpulkan bahwa buku tersebut benar-benar plagiat. “Benar-benar sama, bahkan titik komanya. Hanya diganti halaman dan nama saja,” jelas Andika.

Meski demikian, dirinya belum berniat memerkarakan kasus ini karena harus berkomunikasi lagi dengan Kholid. “Sebetulnya saya sudah ada obrolan dengan POLRESTABES Bandung, namun kami masih tunggu itikad baik dia,” ungkapnya. Andika mengakui jika V. H.  pernah memohon maaf kepadanya terkait kasus itu, namun ia sangat menyayangkan hal itu dilakukan V. H. via pesan facebook.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan sosok V. H. yang disebut-sebut menjiplak karya dosen UPI, belum juga memberi konfirmasi  perihal  kasus tersebut, meski pihak isolapos.com sudah menghubunginya via jejaring soial.  [Tatang Zaelani Tirtawijaya]

Comments

comments