Dana Sumbangan Alumni Ke Perpustakaan UPI Diperuntukan untuk Apa?

8

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Ilustrasi

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terapkan sumbangan berupa buku maupun sejumlah uang. Kebijakan yang berlaku untuk para alumni UPI ini berdasarkan azas sukarela. Kepala Divisi Layanan Perpustakaan UPI, Nana Euis Rosinar membenarkan adanya iuran tersebut yang sifatnya tidak memaksa. Ia menuturkan keuangan yang diperoleh dari dana sumbangan alumni itu, digunakan untuk menambal kekurangan buku yang dibutuhkan. ”Uang itu kami belikan lagi, banyak yang dibelikan dari sumbangan alumni,”ujar Nana.

Ia menambahkan, meskipun UPI telah menganggarkan dana, perpustakaan tidak mampu melayani kebutuhan pengadaan buku mahasiswa yang datang setiap waktunya. Lanjutnya, dana yang dianggarkan UPI pun terbatas dan harus berbagi dengan kampus-kampus daerah.  “Kalo sewaktu-waktu anak minta, gak bisa ngajuin ke UPI karena UPI terbatas uangnya,” ujar Nana saat ditemui kemarin, Senin (17/02).

Ia menuturkan, buku yang dibeli sesuai dengan beberapa masukan yang didapat, sedangkan untuk sumbangan berupa buku dapat diberikan dengan ketentuan usianya tak lebih dari 5 tahun, tidak dimiliki perpustakaan, dan masih baru. “Untuk jumlah 25000 itu kami sesuaikan saja dengan kondisi ekonomi mahasiswa UPI,” katanya.

Menanggapi iuran yang dibayarkan  ke pihak perpustakaan, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi, Hani Hanipah mengharapkan iuran tersebut digunakan untuk membeli buku yang baru. ”Buku yang di perpustakaan menurut teteh kurang cetakan terbarunya,” kata Hani yang dihubungi via pesan singkat. [ Hikmat Syahrulloh]

Comments

comments