Wejangan Sang Rektor

70

Bumi Siliwangi, isolapos.com

Wisudawan Universitas Pendidikan Indonesia Gelombang I pada Rabu , 16 April 2014.

“Terapkan nilai-nilai budaya Indonesia, bukan budaya yang tidak relevan,” kata Rektor Universitas Pendidikan Indonesia, Sunaryo Kartadinata (UPI) saat pidato acara wisuda gelombang pertama. Dalam sambutannya di hadapan  2124 wisudawan, dia menyampaikan bahwa pendidikan yang bernilaikan perdamaian akan membentuk jati diri bangsa.  “Hal itu sesuai dalam pembukaan undang-undang 45 yaitu turut serta memelihara perdamaian dunia dan hal itu bisa dilakukan melalui pendidikan,” ucapnya di Gedung Gymnasium UPI, Rabu (16/04).

Tak hanya itu, Ia pun mengharapkan agar di tengah masyarakat, alumni UPI dapat menjadi cerminan almamaternya. “Jadilah penerang di tengah kegelapan penyejuk di tengah kepanasan,” pesannya pada wisudawan. Ia menambahkan betapa pentingnya pengembangan mindset melalui proses pendidikan.

Sambutan untuk pembekalan wisudawan pun disampaikan juga oleh Kabid Hukum Polda Jabar, Dedi Junaedi mewakili Kapolda Jabar, M. Iriawan. “Jadilah komponen bangsa yang dapat diandalkan,” katanya. Ia pun memberikan pesan agar mahasiswa yang telah lulus dari UPI untuk ikut berpartisipasi mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Seorang Mahasiswa Departemen Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Astri Novita Sari mengaku merasa berat untuk lulus dan meninggalkan UPI. “Untuk lulus itu hal yang membahagiakan, namun terasa berat karena dosen yang mengajari di jurusan tidak hanya mengajar ilmu tapi juga kehidupan, saya akan rindu itu,” tuturnya saat diwawancarai isolapos.com ketika hajat wisuda. [Karolina Ketaren]

Comments

comments