UPI Resmikan Fakultas Baru

201
Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Sunaryo Kartadinata beserta tamu undangan saat peresmian Fakultas Pendidikan Seni dan Desain di Gedung Ahmad Sanusi. Sabtu (9/9).

Bumi Siliwangi, Isolapos.com,-

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Sunaryo Kartadinata, meresmikan Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD) di Gedung Achmad Sanusi UPI, Selasa (9/9) pagi. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor No. 5625/UN40/TU/2014, FPSD telah sah menjadi fakultas ke delapan di UPI.

Fakultas baru ini sebelumnya menyatu dengan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) UPI. Namun, pada tahun 2012, mulai diajukan pemisahan diri dari FPBS. Ketua Departemen Seni Tari, Frahma Sekarningsih mengatakan, saat ini Fakultas Pendidikan Seni dan Desain masih dalam masa transisi. Frahma dan sejumlah dosen seni lainnya masih menunggu instruksi untuk merancang susunan dekanat yang nantinya akan memimpin FPSD. “Kita masih belum tahu, masih nunggu instruksi dari atas,” ujarnya saat ditemui isolapos.com.

Dalam acara peresmian itu, Sunaryo berharap, kehadiran fakultas baru ini dapat  mengawal pendidikan yang berbasis jati diri bangsa. Ia mengatakan bahwa fakultas baru ini sebagai bukti bahwa UPI terus maju dan berkembang. “Semoga menjadi fakultas yang mampu memberikan inovasi dalam pendidikan budaya,” tuturnya.

Senada dengan Sunaryo, Ketua Himpunan Mahasiswa Seni Rupa (HIMASRA), Ardhiyatul Ardha berharap semua departemen keilmuan seni bisa berkarya lebih baik dengan fakultas yang baru. “Semua departemen seni bisa lebih mandiri tentu dengan fasilitas yang memadai juga,” katanya.

Tampil memeriahkan acara, tiga departemen keilmuan seni berkolaborasi, menunjukkan kepiawannya. Para penonton yang hadir dibuat takjub dengan pembuatan sketsa wajah Rektor UPI dari Departemen Pendidikan Seni Rupa, tarian dari Departemen Pendidikan Seni Tari, dan iringan musik dari Departemen Seni Musik. Selain penetapan FPSD, digelar juga peluncuran buku “Politik Jati Diri” dari Rektor UPI. [Karolina Ketaren]

Comments

comments