Mahasiswa UPI Terima Email Nyasar

0

Oleh: Yunita Ayu

Bumi Siliwangi, isolapos.com— Meistika Intan Utami kaget, seketika puluhan notifikasi membanjiri emailnya. Banyak email salah alamat tiba-tiba memenuhi kotak masuknya. Rupanya kejadian tersebut tidak hanya menimpa Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia itu saja, insiden yang terjadi pada Selasa (11/10) itu juga menimpa semua orang yang memiliki akun @upi.edu.

Menanggapi hal tersebut Nurfitriansyah, Kepala Divisi Pelayanan Direktorat Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengaku bahwa pihaknya telah bertindak cepat dengan mengirimkan pernyataan klarifikasi kepada semua akun yang mendapatkan pesan nyasar tersebut.

Menurutnya insiden itu disebabkan oleh kesalahan beberapa mahasiswa yang mengajukan keluhan tentang Sistem Pembelajaran Online Terpadu (SPOT)  ke alamat email tik@upi.edu. Nurfitriansyah menjelaskan bahwa alamat tik@upi.edu tersebut digunakan untuk menyiarkan pesan ke seluruh alamat upi sehingga secara tidak sengaja pesan keluhan tersebut menyasar ke semua akun @upi.edu.

Nurfitriansyah menyayangkan kejadian tersebut, karena email komplain seharusnya ditujukan ke berbagai media seperti nomor handphone, WhatsApp yang telah disediakan oleh Direktorat TIK UPI khusus untuk melayani keluhan.

Menindaklanjuti insiden itu Nurfitriansyah mengaku pihaknya telah menonaktifkan akun tik@upi.edu dan akun email mahasiswa yang mengirim email keluhan. Tidak hanya itu saja, ia juga menuturkan akan memberikan edukasi kepada oknum yang telah memicu insiden tersebut.

Senada dengan Nurfitriansyah, Meistika Intan Utami, juga sangat setuju agar dilakukan sosialisasi berkaitan dengan sistem komplain yang disediakan untuk mahasiswa. “Direktorat TIK perlu lakukan sosialisasi kepada mahasiswa khususnya mahasiswa baru untuk mencegah terulangnya insiden itu,” pungkasnya.

Redaktur: Kholid Abdullah

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com