Jodoh dalam Perspektif Wanita Metropolitan

0

Oleh: Yunita Ayu

Judul                    : Jodoh Monica

Penuli                   : Alberthiene Endah

Tebal                     : 344 Halaman

Cetakan kelima : Oktober 2016

Penerbit             : Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)

ISBN                    : 978-602-03-3498-1

Alberthiene Endah salah satu penulis wanita Indonesia. Alberthine dikenal sebagai penulis biografi orang-orang ternama negeri ini seperti Krisdayanti, Chrisye, Raam Punjabi, Titiek Puspa, Merry Riana, dan Anne Avantie. Meskipun begitu, ia juga menulis jenis karya sastra lainnya yaitu novel. Alberthiene juga pernah menulis biografi Joko Widodo dan novel Athirah yang merupakan kisah hidup Ibu dari Jusuf Kalla. Selain itu, buku pertamanya sekaligus novel pertamanya yang berjudul Jangan Beri Aku Narkoba mendapatkan penghargaan dari Badan Narkotika Nasional atas upayanya memberantas pengguna narkotika.

Novel lainnya dari Alberthiene adalah Jodoh Monica. Novel tersebut berkisah tentag seorang wanita metropolitan yang menanti jodohnya yang tak kunjung datang. Monica adalah representasi seorang wanita metropolitan yang sukses. Ia merupakan creative director di salah satu perusahaan iklan ternama yaitu Bellezie. Karier sukses tak membuat Monica terlepas dari tekanan dan permasalahan yang semakin hari bagai hantu yang terus menggentayanginya. Usia yang menurut kebanyakan orang sudah pantas menikah terus menjadi polemik bagi diri Monica. Bahkan keluarganya selalu menanyakan tentang kapan ia menikah.

Monica sebagai wanita yang memiliki karier cemerlang bukan termasuk tipe wanita yang tak butuh pria. Ia bukan tipe wanita seperti itu. Monica bahkan selalu merasa kesepian saat ia malakukan rutinitasnya. Memang tidak ada yang tahu tentang perasaanya tersebut. Berbagai upaya telah ditempuhnya untuk mendapat jodoh. Kini usianya telah menginjak 34 tahun. Meskipun begitu, penampilan bukan soal untuk Monica karena ia sangat memikirkan penampilan fisiknya. Ia rutin melakukan perawatan. Selalu ingin menjaga penampilan fisiknya kapanpun dan di manapun. Menurutnya, penampilan yang menarik harus selalu dijaga, karena ia tidak tahu kapan dan di mana akan bertemu dengan jodohnya kelak.

Pergaulan Monica pun cukup luas. Monica sering meeting dengan  perusahaan-perusahaan ternama yang dipimpin oleh pengusaha-pengusaha muda. Namun, tetap saja ia tak kunjung mendapat jodoh.

Suatu hari, Arya salah satu art director di kantornya mengatakan bahwa yang dibutuhkan Monica adalah sedikit ketenangan, tidak perlu selalu terlihat canggih di hadapan semua orang. Menurutnya, jika Monica menginginkan pernikahan, ia perlu sedikit lebih rileks. Maksudnya, lelaki yang ingin mendekati Monica juga perlu melihatnya terlihat lebih wanita, lebih santai, lebih lumer. Monica sangat meresapi perkataan Arya. Perkataan tersebut menunjukkan bahwa ia bukanlah wanita yang sempurna menyedihkan. Monica bahkan cukup membuat orang terkagum. Monica adalah wanita yang canggih yang menurut Arya membuat lelaki takut untuk mendekatinya.

Nasihat Arya ternyata tidak sia-sia. Mike salah satu pengusaha muda yang sudah cukup lama menjadi client Bellezie mulai mendekati Monica. Mike adalah idola semua wanita yang ada di Bellezie termasuk Monica. Namun, Monica sadar bahwa Mike tidak mungkin ia dapatkan. Ternyata, kehidupan memang selalu memiliki kejutan yang tak terduga. Sosok Mike yang diimpikan Monica sekarang berangsur menjadi nyata.

Kedekatan Mike dan Monica bermula saat Snakokids salah satu perusahaan cokelat miliki Mike sedang mengalami musibah. Snakokids difitnah oleh perusahaan pesaingnya bahwa ada zat berbahaya di dalam produk-produk cokelatnya. Awalnya, Bellezie berusaha membantu perusahaan Mike untuk membersihkan nama Snakokids dan mengembalikan citranya seperti semula. Akan tetapi, Bellezie tidak ingin campur tangan dengan kasus yang menimpa Snakokids untuk menghindari resiko yang akan diterima perusahaan. Mike yang tengah mendekati Monica memanfaatkan kedekatannya agar Monica membantu menyelesaikan kasus yang menimpa perusahaannya.

Secara diam-diam, Monica membantu Mike untuk membuktikan bahwa Snakokids tidak bersalah dan mengembalikan citranya seperti semula. Tidak ada yang tahu tentang hal tersebut, termasuk sahabat baik Monica yaitu Kasandra. Kecuali Arya. Ia bahkan tahu soal kedekatan Monica dan Mike. Menurut Arya, Monica diperalat oleh Mike melalui kedekatan mereka. Namun, Monica tidak memercayainya. Ia tetap yakin bahwa Mike sangat tulus kepadanya dan hal yang perlu ia lakukan adalah memperjuangkan kedekatannya dengan Mike. Monica merasa ia perlu memperjuangkan jodohnya.

Jodoh Monica merupakan cerita yang menarik. Novel tersebut menunjukan kreativitas yang luar biasa dari penulisnya. Alberthiene sangat membuat pembaca mampu terkesan dengan cerita yang ia ciptakan. Bahasa yang digunakan dalam novel tersebut mudah dipahami. Tidak membuat kening pembaca berkerut untuk memahami maksud dari cerita. Meskipun begitu, dalam novel tersebut juga mengandung kepuitisan dalam penggambaran suasana ataupun penggunaan kata-kata.

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com