PPBS UPI: Ragam Budaya, Ragam Prestasi

63

Oleh: Prita K. Pribadi

Bumi Siliwangi, isolapos.com— Putra Putri Bumi Siliwangi (PPBS) UPI 2017 kembali hadir memasuki tahun keempatnya. Melalui ciri khas kekentalan budayanya, PPBS UPI 2017 menampilkan 36 finalis dalam acara grand final pada Selasa (31/10) malam di Gedung Achmad Sanusi UPI.

Menurut Adi Kusmiadi, Ketua Pelaksana PPBS UPI 2017, setiap tahunnya PPBS menghadirkan konsep yang berbeda-beda namun masih seputar budaya Indonesia. “Karena yang berkuliah ataupun UPI itu tidak hanya di Jawa Barat, tetapi juga ada yang di seluruh Indonesia. Jadi mahasiswa itu, kita mewakili dari setiap daerah-daerah.”

Sementara itu, indikator terpilihnya PPBS ini dilihat dari 5B (Behaviour, Brave, Brave, Brain and Beauty). “Kenapa brave-nya dua kali? Karena untuk menjadi seorang duta ataupun putra putri Bumi Siliwangi tentunya harus mempunyai suatu keberanian lebih dari mahasiswa lainnya,” jelas mahasiswa jurusan Kimia UPI itu.

Para peserta yang telah lulus dari berbagai tahap seleksi ini diberikan pertanyaan. Hal itu ditujukan sebagai bahan uji bagi para finalis. Ajuan pertanyaanya pun tidak sesuai dengan jurusan terkait, melainkan pertanyaan secara umum saja. “Soalnya kita bukan mewakili jurusan, tetapi mewakili untuk menjadi duta Universitas Pendidikan Indonesia,” lanjut Adi.

Selain itu, terpilihnya PPBS ini berperan untuk membantu dan mensukseskan program-program kinerja UPI. “Kami kemarin terlibat di acara Dies Natalis sebagai juri, sebagai emsi. Kemudian lagi mewakili atau mendampingi menteri-menteri” tutur Adi, yang merupakan mahasiswa UPI angkatan 2014.

Prestasi yang sudah dicapai pun cukup baik dalam hal akademik ataupun sosialnya. “Putra putri terpilih di tahun pertama itu menjadi mawapres (mahasiswa berprestasi, –red) UPI, dari FPEB.” “Sekarang putri bumi siliwangi 16 terpilih, yang 16 tidak dapat hadir malam ini karena beliau sedang menjadi perwakilan dari UPI untuk student action di Thailand. Putra Bumi Siliwangi-nya kemarin mewakili UPI bersama-sama dengan FPSD dan Kabumi untuk memisi budaya di India,” jelasnya.

Sementara itu, PPBS kali ini menampilan 18 pasangan dari jumlah pendaftar sebanyak 128. Pada ujung acara, disebutkan pemenang PPBS UPI 2017 yang diraih oleh Ipon Ari, Pendidikan Matermatika FPMIPA dan Cucu Darmayah, Pendidikan Geografi FPIPS. Sedangkan, PPBS peraih Runner Up 1 dan 2 diantaranya Shidqi Aulia & Frira Try dan Agustian Fareri & Lingga Leguina.[]

Comments

comments