2018, UPI Dirikan Prodi PPG

442

Oleh: Ayu Rahmah W.

Bumi Siliwangi, isolapos.com Memasuki tahun 2018, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mendirikan program studi (prodi) Program Profesi Guru (PPG). Prodi PPG di UPI sendiri nantinya menjadi pusat pelaksanaan PPG seluruh bidang studi PPG yang ada di UPI. “Program studi PPG akan membawahi bidang studi-bidang studi. Misalnya, untuk PGSD itu namanya PPG bidang studi SD,” ujar Sandi Budi Irawan, Tim Pengembang Kurikulum Prodi PGSD sekaligus Sekretaris PPG UPI.

Selama ini, PPG UPI berada dalam naungan University Center (UC) yakni Pendidikan Profesi dan Jasa Keprofesian (P2JK) sebagai pengelola tingkat universitas. Adanya prodi PPG menurut Sandi bertujuan untuk mengelola manajemen yang lebih baik dan terfokus. “Sekarang masih berdiri sendiri-sendiri tanpa ada manajemen yang terpusat. Akibatnya, cenderung kompetitif, bukan kolegial, bukan berbasis kerja sama untuk membangun UPI secara kolaboratif,” tuturnya kepada reporter isolapos.com, Rabu, (14/02) di ruangan Prodi PGSD.

Perihal perbedaan antara PPG yang kini dilaksanakan P2JK dan prodi PPG nantinya, Sandi menuturkan, dari segi kurikulum tidak ada perbedaan. Perbedaan hanya dari sisi pengelolaan saja. “Secara kurikulum sebenarnya sama saja antara yang kemarin (P2JK,-red) dan yang nanti menjadi program studi,” tegas Sandi.

PPG sendiri, merupakan satu-satunya program untuk sertifikasi pendidik. Pasalnya, program sertifikasi lain seperti PLPG dan portofolio sudah tidak digunakan lagi. “Sekarang semuanya difokuskan pada jalur PPG untuk mendapatkan sertifikat pendidik,” tutupnya.[]

Comments

comments