Memecahkan Isu Sosial Kanker ala Open Trip

29

Oleh: Prita K. Pribadi

Lembang, isolapos.com— Jika sebuah trip pada umumnya identik dengan jalan-jalan bersama orang sebaya, Open Trip justru lebih memilih trip dengan anak-anak pengidap kanker. Berkolaborasi dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), ini mencoba untuk memecahkan isu sosial. Salah satunya penderita kanker yang terkadang masih ditolak dalam lingkungan sosial. “Banyak banget isu sosial yang masih belum terselesaikan,” ujar David Cuh Sihotang, CEO Open Trip disela-sela kegiatan.

Open Trip ini menyuguhkan sisi kepeduliannya melalui kegiatan yang bernamakan Cheerfull Trip di Floating Market, Rabu (7/2). “Kita insiatif mencoba memberikan semangat kepada anak-anak yang sekarang lagi berjuang, yang jadi pahlawan untuk keluarganya masing-masing, yang nantinya menularkan spirit itu ke peserta Open Trip,” jelas David.

Berawal dari hobi jalan-jalan, David mencoba memberikan dampak yang positif dari sisi kemanusiaan. “Kita memang kan mengadakan trip-trip tematik,” terangnya. Namun ia juga mengaku bahwa kegiatan ini belum mempunyai dampak secara besar bagi para peserta, mengingat hal ini merpakan isu sosial yang belum terpecahkan. “Belum punya impact yang besar terhadap pesertanya sebenarnya,” tambahnya.

Walaupun begitu, David tetap mengaharapkan, kegiatan ini dapat membuat peserta lebih simpatik terhadap anak-anak yang memiliki keterbatasan. “Setelah kembali ke kegiatan selanjutnya mereka bisa mendapatkan inspirasi atau simpati lebih untuk berbuat kepada sosialnya,” kata David.

Lebih lanjut, Upi salah satu peserta Open Trip, yang juga termasuk pada komunitas Aleut mengaku tertarik dengan kegiatan ini. “Suka ikutan trip juga dan simpati juga lihat anak-anak ini,” ujarnya. Setelah mengikuti kegiatan ini, Upi merasa sadar akan pentingnya peran orang dewasa bagi anak-anak pengidap kanker. “Mereka kan masih pengin diperlakukan sama seperti anak normal lainnya. Kita harus kasih semangat buat anak-anak ini karena memang harus dikasih motivasi juga,” tutupnya.[]

Comments

comments