Rahasia Kaset Rekaman

134

Oleh: Mahda Aulia

Genre : Drama Remaja, Fiksi Misteri

Pemeran : Dylan Minnette, Katherine Langford, Christian Navarro, Alisha Boe, Brandon Flynn, Justin Prentice, Miles Heizer, Ross Butler, Devin Druid, Amy Hargreaves, Derek Luke, Kate Waish

Produser : Joseph Incaprera

Tahun Rilis : 2017

Jumlah Episode : 13

Stasiun Televisi : Netflix

 

Hi it’s Hannah, Hannah Baker

Don’t adjust your.. whatever device you’re hearing this on

It’s me, live and in stereo

No return engangements, no encore and this time, absolutely no request

Get a snack, settle in

Because i’m about to tell you the story of my life

More specifically, why my life ended

And if you’re listening to this tape, you’re one of the reasons why

 

Ada seorang siswa bernama Hannah Baker yang meninggal akibat bunuh diri. Mulanya kasus ini hanya dianggap kasus bunuh diri biasa sebelum akhirnya beberapa siswa di SMA Liberty mendapat satu paket kaset rekaman yang dikirim ke masing-masing rumah secara bergilir. Ada 13 rekaman yang ternyata merupakan rekaman suara dari Hannah Baker sendiri, siswa yang sudah mati.

Kisah ini dimulai ketika Kat, teman baik Hannah mengadakan pesta selamat datang atas pindahnya Hannah ke sekolah barunya sekaligus pesta perpisahan untuk Kat karena akan pindah ke sekolah lain. Pada pesta ini, Hannah bertemu dengan sumber masalah pertamanya, awal mula kenapa hidupnya bisa kacau.

Nama pria itu Justin Fooley. Senyum manisnya telah membuat Hannah takluk dan jatuh cinta. Beruntungnya (atau mungkin sialnya) Justin pun tertarik pada Hannah dan mereka pun menjadi cukup dekat. Namun hal manis itu tidak berlangsung lama ketika akhirnya Justin membuat Hannah menjadi bahan olokan di kampusnya.

Kemudian ada Jessica Davis. Jessica sama halnya dengan Hannah, merupakan siswa baru di SMA Liberty. Mereka berdua diperkenalkan satu sama lain oleh guru BK (Bimbingan Konseling) mereka dan ternyata mereka cocok satu sama lain. Pertemanan mereka semakin berwarna ketika mereka bertemu dengan Alex. Kemudian ada 10 orang lagi yang merupakan tersangka atas bunuh dirinya Hannah Baker.

Semakin hari, perundungan yang ia alami makin menjadi-jadi, panggilan gadis nakal sudah menyatu pada dirinya. Hal itu membuat para laki-laki di sekolahnya memperlakukannya dengan buruk tak terkecuali sampai melakukan pelecehan seksual padanya. Hannah juga kehilangan teman-teman dekatnya. Bahkan ketika ia bercerita pada guru BK-nya yang baru, ia tidak mendapat bantuan sama sekali.

Film ini diadaptasi dari novel karya Jay Asher yang diterbitkan tahun 2007. Secara keseluruhan serial TV ini menceritakan kasus perundungan, pemakaian obat-obatan terlarang oleh remaja, pergaulan bebas dan bunuh diri. Banyak sekali contoh hal-hal negatif dalam kehidupan yang bisa kita lihat dalam film ini. Ditambah kebudayaan luar yang diperlihatkan dalam film ini cukup membuat alis mengeryit karena adanya ketimpangan dengan kebudayaan di negara kita. Misalnya kebudayaan membuat pesta di rumah teman, meminum bir, berciuman di depan umum dan sebagainya.

Namun hal menarik yang bisa kita lihat di serial ini adalah ceritanya yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari karena bercerita mengenai anak sekolah yang mengalami perundungan. Disajikan dengan alur yang maju mundur membuat kita menjadi berpikir keras tentang apa yang terjadi sebenernya, belum lagi banyak hal-hal yang belum terungkap sehingga membuat penonton penasaran dan ingin terus menyelesaikan film ini sampai selesai.

Banyak pula pesan yang bisa diambil dalam film ini. Bahayanya perundungan dan pergaulan bebas khususnya. Hannah mungkin terlihat agak berlebihan dan dramatis dengan melakukan aksi bunuh diri. Tapi yang harus kita ketahui, walaupun masalah-masalah yang ia alami merupakan hal kecil, hal itu akan menjadi sangat sulit saat orang-orang sekitar tidak berada dipihak kita dan malah menyudutkan kita. Pesan yang dapat kita ambil dari serial  ini adalah bahwa kita harus selalu (atau setidaknya mencoba) ada setiap orang lain membutuhkan bantuan kita. Hal itu akan sangat membantu mereka agar bisa mengatasi masalahnya.

Terdapat 13 episode yang bisa kalian ikuti untuk musim pertama dan kalian mulai bisa melanjutkan mendengar kisah Hannah pada musim kedua yang rilis pada Mei 2018 ini untuk mengetahui kisah selanjutnya dari ke-13 pelaku yang membuat hidup Hannah berakhir.[]

Comments

comments