Piala Menpora 2019: Stadion UPI Menjadi Saksi Penerapan VAR

153

Oleh: Muhammad Wildan Al Gifari

Bumi Siliwangi. Isolapos.com— Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi secara resmi membuka kompetisi sepakbola berjenjang Piala Menpora 2019. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (16/3/2019) di Stadion Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Liga ini terdiri dari 5 kategori yakni U-12 putra, U-14 putra, U-16 putra, U-17 putri, dan U-21 mahasiswa dengan sistem berjenjang di tingkat kabupaten dan kota.

Piala Menpora menerapkan teknologi Virtual Assistant Referee (VAR) yang dapat membantu wasit dalam mengambil keputusan supaya tidak menimbulkan keputusan yang dianggap merugikan salah satu pihak serta meningkatkan kualitas kompetisi. “Ini merupakan kabar bagus, dimana kompetisi ini menerapkan terobosan penggunaan VAR, ujar Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta. Teknologi VAR sebelumnya telah diterapkan pada kompetisi sepakbola amatir Bandung Premiere League.

Imam Nahrawi berharap penerapan teknologi VAR dapat diikuti oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan operator liga sepakbola Indonesia. “Tentu ini bukan barang asing yang harus kita terapkan,” ungkapnya.

Kegiatan pembukaan ini diawali dengan pertandingan persahabatan antara UPI melawan Universitas Siliwangi (Unsil) dengan skor akhir 0-0. Kemudian diramaikan oleh penampilan musik Zigaz, Five Minutes, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kabumi UPI dan marching band Resimen Mahasiswa (Menwa) UPI. Diakhir kegiatan, Menpora Imam Nahrawi membagikan hadiah sepeda dan bola kepada peserta yang turut hadir. []

Redaktur: Muhamad Abdul Azis

Comments

comments