UPI Sebar Edaran Terkait Langkah Pencegahan Corona

755

Oleh: Aulia Rachma Febriani

Bumi Siliwangi, Isolapos.com—Setelah beberapa universitas di Indonesia mengeluarkan surat edaran mengenai tidak dilaksanakannya perkuliahan secara tatap muka dan beralih ke sistem kuliah online. Sabtu(14/3) siang, Rektor UPI, Asep Kadarohman juga mengeluarkan surat edaran yang sama untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

Surat edaran Nomor 0017 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Akademik dan Nonakademik Terkait dengan Antisipasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19). Dalam surat tersebut berisi tiga poin terkait kegiatan kampus UPI. Pertama tentang kegiatan perkuliahan dan pembelajaran, di mana rektor menyarankan untuk tidak berkuliah secara tatap muka dan beralih ke online.

Kedua, kunjungan perpustakaan hanya untuk kepentingan yang sangat mendesak, dan kunjungan perpustakaan diganti dengan mengoptimalkan akses daring. Ketiga, Kunjungan dan pemanfaatan fasilitas oleh pihak eksternal dihentikan.  Bukan hanya itu, izin kunjungan dosen, tenaga pendidik, serta mahasiswa keluar kota atau keluar negeri dihentikan. Terakhir kegiatan di dalam maupun di luar kampus yang melibatkan orang banyak dihentikan juga.

Setelah surat edaran ini keluar, isolapos menghubungi Asep Kadarohman untuk meminta konfirmasinya. Asep menjelaskan bahwa surat edaran yang telah tersebar di kalangan civitas akademik UPI memang benar dari rektorat. “Betul, surat edaran ini merupakan upaya pengendalian penyebaran virus Corona,” jelas Asep saat dihubungi reporter isolapos melalui Whatsapp.

Rektor UPI itu juga menanggapi perihal perkuliahan yang masih disarankan untuk dilakukan secara daring, namun bukan diwajibkan. “Perkuliahan tatap muka boleh sesuai kepentingannya, namun jumlahnya dikurangi, tapi diutamakan secara daring untuk menghindari kontak langsung,” jawabnya.

Terakhir Asep menjelaskan perihal waktu sampai kapan surat edaran itu berlaku. Menurutnya, Izin mulai berlaku sesuai tanggal surat edaran sampai penyebaran virus Corona terkendali.[]

Sumber foto: Rektorat UPI

 

Redaktur: Rio Tirtayasa

Comments

comments