Nawasena, Harapan Baru Pendidikan di Jawa Barat

124

Oleh: Amelia Wulandari*

*)Reporter magang isolapos.com

Bandung, isolapos.com- Jumat (12/05), Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bandung menggelar pameran foto jurnalistik hari pertama. Pameran ini menampilkan 77 hasil karya dari 18 pewarta foto. Foto-foto yang diambil menggambarkan pendidikan di Jawa Barat dari tahun 2018 hingga awal tahun 2023.

Raisan Al Farisi selaku Ketua PFI Bandung mengatakan pameran foto kali ini mengangkat isu pendidikan dengan tema “Nawasena”. Ia ingin pendidikan di Jawa Barat memiliki masa depan yang cerah. Nawasena berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti masa depan yang cerah. “Kita pengen bikin temanya itu, pendidikan di Jawa Barat itu masa depan yang cerah,” ucap Raisan.

Ia mengatakan, melalui pameran ini, PFI Bandung ingin menunjukkan bagaimana kondisi pendidikan di Jawa Barat, khususnya di daerah pinggiran. “Di daerah pinggiran (foto diambil-red), betul, hampir 80%, ya.  Di Cianjur, di Tasik, di Bandung,  sama di Kabupaten Bandung Barat itu masih banyak sekolah yang perlu diperhatikan, ya,” ujar Raisan.

Raisan berharap acara ini dapat membuat sektor pendidikan di Jawa Barat lebih diperhatikan. Selain itu, ia berharap acara ini dapat memotivasi  publik untuk tidak malas belajar dan memberikan perubahan. “Pesannya, setelah melihat pameran ini mudah-mudahan ga males belajar,  ga males juga untuk membuat perubahan,” jelasnya.

Rasyad Yahdian salah satu pengunjung pameran merasa banyak hal yang dapat diambil dari pameran ini. “Kalau dari sisi fotografi kita dapat nambah angle dan nambah inspirasi juga. Terus di sisi lain, kita juga jadi tau beberapa kondisi pendidikan, di beberapa daerah terpencil yang nggak kita tau sebagai orang kota,” ungkapnya.

Pameran ini diselenggarakan pada 12–14 Mei 2023, pukul 10.00–18.00 WIB di Plaza Saparua, Jl. Banda No. 28, Bandung. Pameran ini dibuka gratis untuk umum.

Redaktur: Wulan Nur Khofifah

Comments

comments