Mengembangkan Talenta Unggul Dalam Inovasi Teknologi Pendidikan Melalui LIDM 2023

77

Oleh: Amelia Wulandari

Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2023 telah memasuki babak final. Babak final ini diselenggarakan di Gedung Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada 4–6 Juli 2023. Lomba ini terbagi ke dalam lima divisi lomba, yaitu Inovasi Teknologi Digital Pendidikan, Inovasi Materi Digital Pendidikan, Video Digital Pendidikan, Poster Digital, dan Microteaching Digital. Terdapat 100 kelompok peserta dari 48 universitas di Indonesia yang berhasil lolos ke babak final.

LIDM tahun keempat ini mengangkat tema “Literasi Digital untuk Menumbuhkembangkan Talenta Pendidikan Nasional Menuju Indonesia Maju dengan Tatanan Baru”. Secara khusus, tujuan ajang ini adalah mengembangkan inovasi dalam pendidikan dan pembelajaran melalui penerapan teknologi digital. 

Asep Sukmayadi, S.IP., M.Si., Ketua Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) mengatakan urgensi diadakannya kompetisi ini karena salah satu tantangan pendidikan adalah situasi yang cepat berubah, susah diprediksi, dan sangat ambigu. “Jadi, kita melihat bahwa ada disrupsi dan transformasi pendidikan melalui e-learning dan distance learning yang implikasinya ada tiga. Satu adalah implikasi teknologi, dua adalah implikasi pedagogik, tiga adalah implikasi organisasi,” jelas Asep dalam sambutannya.

Asep melanjutkan, LIDM ini diharapkan dapat menjadi pemecah masalah dari situasi yang cepat berubah dan berimplikasi pada pendidikan. 

“Lomba inovasi digital pedagogik ini sesungguhnya juga menghadapi tantangan. Tidak hanya dalam pendekatan-pendekatan secara digital itu sendiri, tapi bagaimana pengembangan model pembelajarannya itu sendiri sesuai dengan tantangan itu,” pungkasnya.

Dr. Phil. Yudi Sukmayadi, M.Pd. selaku Ketua Pelaksana LIDM 2023 dalam sambutannya pada pembukaan LIDM 2023 di Gd. Ahmad Sanusi UPI mengatakan ajang LIDM ini sebagai unjuk kemampuan mahasiswa Indonesia dalam bidang teknologi digital pendidikan.

“Lomba ini merupakan ajang bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan talentanya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan agar menjadi generasi yang unggul, kreatif, inovatif, kompeten, berkarakter, dan berbudaya,” ujarnya. 

Yunita, peserta dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengatakan lomba poster LIDM menjadi ajang unjuk kemampuan bagi dirinya sebagai mahasiswa pendidikan. “Kita yang mungkin background-nya bukan anak seni, bisa menjadi salah satu unjuk kemampuan bahwa ternyata anak pendidikan itu juga punya jiwa seni juga, loh, kayak gitu. Jadi, ngerasa kayak benar-benar senang banget bisa join ke LIDM tahun 2023 ini,” ujarnya.

Selain itu, Asma, peserta dari UNY juga mengungkapkan rasa senangnya mengikuti LIDM 2023. “Udah kebayang, nih, di pikiran kalau oh virtual paling zoom atau record video gitu, kan. Oh, rupanya pake VR (Virtual Reality -red) dan Oculus dan itu ya, yang paling mengesankan banget. Emang keren banget, sih, ini,” ungkapnya.

Penutupan sekaligus pengumuman pemenang dilaksanakan pada Kamis, 6 Juli 2023 di Gd. Ahmad Sanusi UPI dan disiarkan melalui YouTube Pusat Prestasi Nasional dan TV UPI.

Redaktur: Razib Ikbal Alfaris

Comments

comments

You might also like