6.900 Mahasiswa Baru Ikuti MOKAKU 2011

115

mahasiswa baru sedang mengikuti masa orientasi kampus (MOKA)

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Sekitar 6.900 mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengikuti acara Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (MOKAKU), Senin (22/8) di gedung Gymnasium UPI.  Acara masa orientasi bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2011/2012 kali ini bertema  “Berkarya bersama almamater, Raih impian untuk suatu perubahan”.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini acara Masa Orientasi Kampus (MOKA)  ditambah dengan kegiatan Kuliah Umum (KU). Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa UPI, Ali Mahfudz menyatakan, penambahan KU ini terkait dengan permintaan universitas yang keukeuh ingin mencantumkan kuliah umum dalam acara tersebut.

“Ya, kami mengakomodir permintaan universitas untuk tetap ingin adanya kuliah umum, jadilah MOKAKU yang berarti juga acara ini tidak sebatas acara kemahasiswaan saja, tapi juga sisi akademik,” ujarnya kepada isolapos.com.

Atas hal itu, bentuk kepanitiaan dalam acara ini juga tidak hanya dari pihak BEM REMA, akan tetapi pihak universitas juga turut menjadi panitia. “Kami menyepakati kepanitiaan bersama, antara mahasiswa dengan universitas, yang paling penting acara ini tetap terselenggara,” ujar Ali.

Hal itu juga diamini oleh Afifudin, ketua pelaksana MOKAKU 2011. Kata dia, dalam Surat Keputusan susunan kepanitiaan, Sekretariat Universitas tercantum dalam kepanitiaan. “Namun, lembaga hanya sebatas memantau, selain acara prosesi  pembukaan dan orasi ilmiah, semuanya kita panitianya,” ujar Afif.

Rencananya, acara MOKAKU ini dilaksanakan hingga 4 hari kedepan yakni berakhir tanggal 25 agustus 2011. Adapun hari pertama diisi dengan pembukaan serta acara tingkat universitas, hari kedua acara ditingkat jurusan, hari ketiga acara pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan hari terakhir penutupan.

“Insya Allah di hari kedua akan ada acara motivasi dengan mendatangkan Andrea Hirata, serta nanti penutupan ada ceramah dari mantan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault,” kata Ali. [Isman R Yusron]

 

Comments

comments