Pengakses Meningkat, UPInet Kelebihan Beban

74

Ilustrasi

Bumi Siliwangi, isolapos.com,-

Akibat jumlah pengakses internet di Universitas Pendidikan Indonesia meningkat, koneksi internet mengalami kelambanan koneksi. Hal ini dipicu oleh adanya program penggratisan untuk kampus daerah UPI, mahasiswa baru dan mahasiswa pasca sarjana. “Apalagi akhir-akhir ini sumber energi level 0 sering mati,” tutur Direktur Direktori Telekomunikasi dan Informasi UPI, Munir kepada isolapos.com, Jumat (28/10).

Menurut Munir, sebelum bulan Agustus tercatat 1.700 pengakses per hari, pada bulan Agustus sampai Oktober menjadi 3.200 pengakses per hari. Sedangkan UPInet  baru memiliki bandwidth 45 MB ditambah dengan Wide Area Network sebanyak 20 MB. “Yang biasanya 100 atau 50 kpbs per komputer sekarang harus dibagi-bagi,” ucap Munir.

Untuk menangatasi permasalahan tersebut, Munir menjelaskan bahwa UPInet sedang mengajukan penambahan 100 MB bandwidth untuk tahun depan kepada universitas. “Insya Allah 1  Januari kita punya bandwidth 100 MB dengan internasional link untuk internetnya,”kata Munir.

Disinggung mengenai anggaran yang diperlukan untuk rencana penambahan bandwidth, Munir mengatakan bahwa tidak ada kenaikan anggaran dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Munir mengungkapkan bahwa dengan dana 3 Miliar diperkirakan mampu untuk menaikkan bandwidth. ”Saya tidak pernah berpikir untuk membebankan,” terang Munir. [Lia Anggraeni]

Comments

comments