Sunaryo: UPI masih mempertahankan jatidirinya

49

Bumi Siliwangi, Isolapos.com -,

Rektor UPI, Sunaryo Kartadinata saat berpidato dalam dies natalis UPI di Balai Pertemuan Umum UPI, Kamis (20/10)

“Kita bersyukur karena transformasi kelembagaan UPI tidak melupakan spirit yang membidani kelahirannya,” ujar Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Sunaryo Kartadinata ketika memberi sambutan pada peringatan Dies Natalis UPI yang ke -57 dan penghargaan gelar doktor honoris causa kepada Nu’man Soemantri di Gedung Balai Pertemuan UPI. Kamis, (20/10).

Jatidiri itu ditandai dengan masih dipertahankanya kata “ pendidikan” dalam setiap perubahan nama UPI. Dalam sambutannya yang bertajuk “UPI dari PTPG hingga UPI”, Sunaryo mengatakan meskipun UPI diberikan otonomi untuk membuka dan menutup program studi, UPI masih tetap mempertahankan jati diri sebagai universitas pendidikan. “Eksistensi dan misi program studi pendidikan diperkokoh berkat hubungan saling menyuburkan diantara keduanya (program studi kependidikan dan non kependidikan-red),” tulis Sunaryo dalam sambutannya.

Sunaryo mengakui sistem kependidikan terintegrasi sempat menimbulkan kekhawatiran dari para pakar pendidikan guru. “Kebijakan tersebut adalah bagian dari skenario pembubaran prodi-prodi kependidikan (bidang studi-red),” tulis Sunaryo.

Namun, kekhawatiran itu menurut Sunaryo tidaklah benar. Keberadaan prodi kependidikan yang terintegrasi justru akan memperkokoh bangunan pendidikan guru. Semua itu dikonstruksi dalam program pendidikan profesi guru.[Rifqi Nurul Aslami]

 

Comments

comments