UPI Dukung RUU PT

1

Bumi Siliwangi, isolapos.com,-

UPI siap jika Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) benar-benar disahkan. Hal tersebut diungkapkan ketua Senat Akademik, Syihabuddin, Selasa (10/4) di ruangannya. “Secepat mungkin jika RUU PT ini disahkan, kami akan segera memilih opsi yang mana,” tuturnya.

Syihabuddin  mengungkapkan keinginannya agar RUU PT segera disahkan. “Semoga RUU PT ini dapat semakin meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia,” ujar Syihabuddin kepada Isolapos.com.

Hal senada disampaikan Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Hubungan Internasional, Furqon. Furqon menjelaskan bahwa UPI telah mengetahui opsi mana yang akan dipilih namun belum dapat memutuskan. Pasalnya, telah ada pandangan-pandangan yang berpendapat untuk memilih otonomi penuh. “Itu baru pandangan dari luar, belum kami putuskan,” ujar Furqan.

Bentuk Komersialisasi Pendidikan

Disinggung mengenai RUU PT yang dinilai sebagai salah satu bentuk komersialisasi, Syihabuddin angkat bicara dan menampik anggapan tersebut. Ia menilai bahwa biaya dalam pendidikan bukanlah satu-satunya. Menurutnya, biaya merupakan salah satu komponen dalam pendidikan. “Jangan sampai menafsirkan perguruan tinggi itu sama dengan biaya tinggi,” tegasnya.

Padahal, dalam RUU-PT pada Pasal 80 tercantum bahwa jika memilih otonomi penuh, perguruan tinggi akan dibentuk sebagai badan hukum pendidikan yang memiliki kewenangan untuk mengelola keuangan secara mandiri, mendirikan badan usaha, dan mengembangkan dana abadi. Dengan bentuk tersebut, perguruan tinggi harus mencari dana penyelengaraan pendidikan secara mandiri.

Syihabudin menjelaskan, meskipun nantinya RUU PT disahkan, sejatinya telah ditetapkan sebuah regulasi untuk mengatur keuangan. Hal tersebut berhubungan dengan menteri keuangan.“ UU yang keluar itu kan ada regulasinya sendiri,” kata Syihabuddin. [Lia Anggraeni]

Comments

comments

Discussion1 Comment

  1. klanting jingkrak

    meningkatkan kualitas memang penting tapi juga perlu dilihat mengenai pembiayaan pendidikan.

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com