UPI Ditunjuk TMU Jalankan Traning Perawat Lansia

79

Tampak perwakilan UPI, Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Hubungan Internasional, Furqon (kiri) tengah berbincang dengan perwakilan TMU, Kinoshita Masanobu (kanan) di Gedung Isola, Selasa (1/5). Pertemuan ini membahas program keperawatan yang akan dijalankan UPI.

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Tokyo Metropolitan University (TMU) tunjuk Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk menjalankan program training keperawatan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh dosen Fakultas Health Science TMU, Kinoshita Masanobu saat mengadakan pertemuan dengan pihak UPI, di Gedung Rektorat, Selasa (1/5).

Program baru tersebut, akan dilaksanakan menggunakan sistem e-learning. “UPI mendukung penuh kerjasama dengan TMU dalam bidang keperawatan ini,” ujar Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Hubungan Internasional, Furqan.

Alasan TMU membuat program ini karena melihat tingkat kelulusan ujian nasional calon perawat Indonesia di Jepang tergolong rendah. Pasalnya, calon perawat Indonesia yang hendak bekerja di Jepang harus melewati tes ujian nasional di Jepang. Namun, TMU mengungkapkan banyak calon perawat Indonesia yang tidak lulus ujian nasional di Jepang. “Karena syarat utama untuk menjadi perawat dan pengasuh lansia di Jepang itu harus lulus ujian nasional,” ujar Kinoshita Masanobu.

Pihak UPI menyambut baik tawaran tersebut dengan harapan perawat di Indonesia bisa mempunyai peluang lebih besar untuk lolos di ujian nasional Jepang nanti.  “Kita berterima kasih meski prodi kita masih muda. Program tersebut sesuai dengan misi kita juga yaitu leading and outstanding,” tambah Furqon.

TMU menyebutkan akan ada tiga program dalam training keperawatan nanti yaitu: first grade yang fokus pada pembelajaran bahasa dan kebudayaan, second grade yaitu pembelajaran keperawatan, dan  third grade untuk mempersiapkan ujian nasional. “Kami berharap bukan hanya mahasiswa UPI tapi mahasiswa lain juga dapat mengakses program ini,” tutup Kinoshita. [Lia Anggraeni]

 

Comments

comments