Sunaryo: Pendidikan Harus Aksesibel

50

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia sedang menyampaikan pidato dalam menyambut Hari Pendidikan Nasional, di Lapangan Gymnasium, Rabu(2/5)

Dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei 2012, Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Sunaryo Kartadinata menyampaikan pidatonya. Ia menyampaikan, bahwa pendidikan sekarang harus bisa di akses untuk seluruh anak bangsa serta dibuka seluas-luasnya untuk memasuki dunia pendidikan. “Akses mulai dari pendidikan anak usia dini sampai ke perguruan tinggi,” ujar Sunaryo di lapangan Gymnasium UPI, Rabu (2/5).

Ia menambahkan, bahwa perluasan akses tersebut harus diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan, karena hal tersebut merupakan kesempatan untuk menyempurnakan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. “Pendidikan itu adalah sistem rekayasa sosial terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatan dan kemartabatan,” ucap Sunaryo dengan lantang dalam pemberian amanat kepada seluruh peserta upacara.

Sunaryo juga menjelaskan, peran dunia pendidikan menjadi penting dalam membangun peradaban bangsa yang didasarkan atas jati diri dan karakter bangsa. Hal tersebut sesuai dengan tema Hari Pendidikan Nasional Tahun ini yaitu “Bangkitnya Generasi Emas Indonesia”. “Yang pada hari ini kita peringati hari kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional,” kata Sunaryo.

Selain itu, Sunaryo juga mengungkapkan bahwa kebudayaan tidak bisa dipisahkan dari pendidikan. “Keduanya ibarat dua keping mata uang, terdapat keterkaitan antara  proses pendidikan dengan  penanaman nilai-nilai budaya,” tutur Sunaryo. [Rifqi Nurul Aslami]

 

Comments

comments