6787 Mahasiswa Ikuti MOKA-KU UPI

0

Mahasiswa Baru UPI tahun 2012 nampak sedang mengikuti acara pembukaan MOKA-KU di Gymnasium UPI, Selasa (28/8)

Bumi Siliwangi, Isolapos.com-

Sebanyak 6787 mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun akademik 2012/2013 mengikuti acara Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (MOKA-KU) UPI 2012. Mereka berasal dari tiga jalur penerimaan yaitu Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Undangan 1617 orang, jalur SNMPTN Tertulis 2603 orang, dan Jalur Mandiri 2567 orang. Sementara itu, mahasiswa Sekolah Pasca Sarjana UPI sebanyak 1300 orang untuk tahun ini.

Bertemakan Bersama Almamater, Membentuk Generasi Sukses, MOKA-KU resmi dibuka oleh Rektor UPI Sunaryo Kartadinata di Gedung Gymnasium UPI, Selasa (28/08). “Selamat kepada para mahasiswa baru yang telah berhasil diterima melalui jalur seleksi yang ketat dari berbagai jalur tersebut,” kata Sunaryo dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, Ahmad Heryawan, Gubernur Provinsi Jawa Barat, turut serta memeriahkan MOKA-KU dengan memberikan Orasi Ilmiah bertemakan “Peran Mahasiswa dalam Membangun Karakter Bangsa”. Dalam orasinya, Ahmad mengatakan bahwa peran mahasiswa sebagai agent of change sangat menentukan perubahan yang besar khususnya bagi Jawa Barat. Ia juga menambahkan, UPI akan menjadi penghasil agent of change terbesar di Jawa Barat karena UPI memiliki mahasiswa terbesar se-Jawa Barat. “Tidak akan pernah ada kemajuan tanpa pendidikan karena pendidikan merupakan kunci utama kemajuan” tambahnya.

MOKA-KU ini akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 28-31 Agustus 2012, tak hanya dilaksanakan di Kampus Pusat Bumi Siliwangi tapi juga di kampus-kampus daerah seperti Tasikmalaya, Serang, Cibiru, Sumedang, dan Purwakarta.

Hari pertama akan diisi dengan pemberian ceramah umum tentang UPI dalam perspektif pembaharuan, pedoman perilaku, dan citra diri mahasiswa oleh para pembantu rektor UPI. Dilanjutkan dengan ceramah umum tentang Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD NRI 1945 NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) oleh Pusat Kajian Pancasila dan Wawasan Kebangsaan UPI. Serta pemberitahuan beberapa informasi seperti prestasi akademik dan non akademik mahasiswa dan alumni UPI, dan pengenalan Ormawa UPI tingkat universitas.

Hari kedua akan diisi dengan pengenalan tentang fakultas masing-masing mahasiswa dan pemberian motivasi tentang “Long Life Learning“. Hari ketiga akan diisi dengan pengenalan 55 unit kegiatan mahasiswa yang ada di UPI. Sementara hari terakhir akan dilakukan kegiatan pembuatan kreativitas dari botol bekas untuk mencetak Rekor MURI dan pengumpulan proposal Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM). [Melly A Puspita]

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com