Sunaryo: Mahasiswa Meningkat, Kaum Intelektual Bertambah

0

Tampak Rektor UPI Sunaryo Kartadinata dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat menghadiri acara MOKA-KU 2012 di Gymnasium UPI, Selasa (28/8)

Bumi Siliwangi, isolapos.com

“Prosesi penerimaan mahasiswa baru memang selalu memunculkan harapan. Peningkatan jumlah mahasiswa berarti penambahan jumlah dan proporsi kaum intelektual,” ujar Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Sunaryo Kartadinata dalam acara Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (Mokaku) 2012, di Gedung Gymnasium UPI, Selasa (28/8).

Sunaryo menambahkan dalam pidatonya, bahwa UPI menyumbang peningkatan jumlah warga terdidik di tengah masyarakat. “Peningkatan jumlah kaum terpelajar memunculkan harapan, karena kalangan terdidik masih dipandang sebagai elemen perubahan masyarakat yang penting,” kata Sunaryo.

Menurutnya, jurusan kependidikan dan  non kependidikan yang ada di UPI bertujuan untuk mengokohkan nilai-nilai pendidikan. “Membangun pendidikan sebagai ilmu dan profesi,”  tutur Sunaryo.

Tidak hanya Sunaryo, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan hal senada. “Di Jawa Barat, angka partisipasi perguruan tinggi masih 11% dan UPI merupakan salah satu yang ikut berpartisipasi,” ucapnya. Ia menambahkan, bahwa mahasiswa yang sudah diterima di UPI berarti ikut berpartisipasi dalam bidang pendidikan.

Ia juga mengatakan, mahasiswa merupakan cadangan kepemimpinan di masa depan. “Saya ingin kedepan mahasiswa mempunyai cita-cita dan mimpi yang tinggi, ujarnya. Selain itu, dalam pandangannya, mahasiswa juga merupakan agen pembaharuan. ”Jawa barat tidak akan berubah besar tanpa dimulai dengan pendidikan,” pungkas Ahmad Heriawan. [Rifqi Nurul Aslami]

Comments

comments

Leave A Reply