Musliar Kasim : Tantangan Dunia Pendidikan Semakin Besar

87

Musliar Kasim, Wamendikbud bidang Pendidikan saat menyampaikan Kuliah Umum yang bertemakan 'Tantangan Dunia Pendidikan Indonesia' di BPU UPI, Sabtu (29/9)

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

“Di sekolah boleh tidak ada gedung kelas yang megah dan boleh belajar tanpa adanya fasilitas laboratorium yang hebat, namun kita tidak kekurangan karena di sekolah tersebut memiliki guru yang hebat,” ujar Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Hubungan Internasional Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Furqon.

Hal itu disampaikan Furqon dalam Kuliah Umum yang bertemakan “Tantangan Dunia Pendidikan Indonesia” yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Umum UPI, Sabtu (29/9).

Bukan hanya Furqon, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, Musliar Kasim, juga hadir sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut. Ia mengatakan,  sebagai generasi bangsa terutama sebagai pendidik, tantangan pendidikan ke depan semakin besar. “Yang harus diperbaiki di sini sebagai pendidik agar dapat mengajarkan berbuat baik,” katanya.

Musliar juga mengatakan, orang yang masuk dalam dunia pendidikan harus berbeda dengan yang tidak masuk dunia pendidikan. Sesuai dengan visi dan misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai insan pendidikan kita harus mampu menghasilkan insan cerdas yang kompetitif. “Sehingga ketika keluar nanti harus mempunyai tenaga kerja profesional yang kompetitif dan berkarakter baik,” harap Musliar.

Selain itu, lanjut Musliar, sebagai calon pendidik kita harus bisa berpikir kreatif dan inovatif. Tidak hanya dalam perkuliahan saja, namun pada semua jenjang pendidikan. “Semestinya kreativitas dan inovasi harus diajarkan di jenjang sebelumnya,” ujarnya. [Rifqi Nurul Aslami]

Comments

comments