UKT UPI Mencapai Delapan Juta

18
Besaran Uang Kuliah Tunggal Di beberapa jurusan Universitas pendidikan Indonesia Dalam Lampiran Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 55 tahun 2013

Bumi Siliwangi, isolapos.com

Besaran biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada Lampiran Peraturan Nomor 55 Tahun 2013  mencapai 8 juta. Menanggapi hal itu, Menteri Dalam Negeri Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa (BEM Rema)  UPI, Taufik Ramadhan Barli   mengatakan bahwa pihaknya akan sesegera mungkin mencari tahu tentang perhitungan UKT tersebut. “Ya kita harus tau hitungan delapan juta itu dari mana?” cetus Taufik kepada isolapos.com, Rabu (29/5).

Taufik juga mengatakan nominal yang ada dalam lampiran itu belum tentu pasti. “ Setahu saya itu belum fix, nunggu SK pengesahan Rektor UPI dulu,” ungkap Taufik di Pusat Kegiatan Mahasiswa.

Dalam lampiran peraturan tersebut,  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengumumkan besaran UKT untuk seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Pada lampiran itu, diberitahukan juga besaran biaya semester masing-masing jurusan yang dikelompokan ke dalam 8 kelompok. Setiap kelompoknya memiliki nominal yang berbeda. “Untuk UPI besarannya biaya persemesternya beragam mulai dari 500 ribu hingga 8 juta,” ucap Taufik.

Pihaknya hanya berharap kalaupun UKT tetap dilaksanakan jangan terlalu mahal dan harus tepat perhitungannya. “Jangan jadi akal-akalan dan tidak boleh dilebih-lebihkan,” harap Taufik.

Saat hendak diwawancarai terkait perhitungan uang kuliah tunggal tersebut, Direktur Direktorat Perencanaan dan Pengembangan (Renbang), Agus Setiabudhi sedang tidak di tempat.  “Pak Agusnya lagi rapat di Jogja,” kata seorang staf Renbang , yang menyebut namanya Imas. [Noval Prahara Putra]

Comments

comments