24 Jam Bersama Gaspar: Angin Segar Cerita Detektif

0

Oleh: Rani Herlina

Judul Buku: 24 Jam Bersama Gaspar

Penulis: Sabda Armandio

Cetakan: Pertama, April 2017

Penerbit: Mojok

Tebal Buku: 228 halaman

Gaspar adalah seorang lelaki berusia 35 tahun yang berencana merampok sebuah toko mas milik Wan Ali. Alih-alih berbagai perhiasan emas, objek pencuriannya adalah sebuah kotak hitam misterius yang dibangga-banggakan Wan Ali saat ia hendak mencari cincin pernikahan untuk sang mantan kekasih dan temannya.

Tidak ada rencana. Satu-satunya rencana yang ia miliki hanyalah pencurian itu akan dilakukan 24 jam lagi, ketika matahari sedang terik. Dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, Gaspar berhasil mengumpulkan 5 orang yang akan merampok bersamanya. Entah apa maksud Gaspar mengajak kelima orang yang terdiri dari dua lelaki dan tiga perempuan ini. Bahkan, mereka berlima pun tidak diberi tahu soal rencana perampokan yang akan dilakukan esok hari.

24 Jam Bersama Gaspar diceritakan melalui sudut pandang Gaspar dan diselingi rekaman wawancara seorang polisi dengan seorang wanita tua yang kerap menjawab ngawur. Alur cerita, dialog, dan karakter tokoh-tokoh dalam novel ini terkesan absurd. Banyak tokoh yang diceritakan terkesan tidak penting dan dibuat asal, namun di akhir cerita pembaca dapat memahami seberapa penting peran mereka.

Dalam novel ini, penulis memunculkan beberapa tokoh dan benda yang sama sekali asing di telinga pembaca, hingga saat pembaca mencoba mencari tokoh-tokoh dan benda-benda tersebut di mesin pencari pun tidak menghasilkan apa-apa. Ada Cortazar, sebuah motor yang bukan sekedar motor, melainkan partner in crime Gaspar. Kemudian ada Budi Alazon, seorang musisi misterius yang selalu menggunakan topeng. Ada juga Koka dan Babaji yang cukup sulit dibayangkan visualisasinya. Namun, pembaca tidak perlu khawatir karena dalam novel ini disajikan gambaran serta penjelasan singkat mengenai mereka.

Pada bagian sampul, tertulis ‘SEBUAH CERITA DETEKTIF’ tepat di bawah judul novel. Bagaimana bisa sebuah cerita mengenai perampokan adalah sebuah cerita detektif? Hal itu akan terjawab ketika pembaca sampai di dua bab terakhir dan menyadari bahwa enam bab yang telah dibaca adalah kepingan-kepingan puzzle yang kini mulai menunjukkan gambaran utuh.

24 Jam Bersama Gaspar adalah sebuah cerita detektf yang unik dan segar. Tidak heran jika novel ini menjadi pemenang unggulan pada Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2016. Sekalipun telah menyelesaikan novel ini, pembaca akan dibuat penasaran mengenai beberapa hal yang dibiarkan penulis tidak terkuak, seperti isi dari kotak hitam yang menjadi obsesi Gaspar.[]

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com