Dua Mahasiswa UPI Terpilih Menjadi Duta Bahasa Jawa Barat

0

Oleh: Iman Nugraha

Bumi Siliwangi, isolapos.com-Zainal Saiful Amir dan Azharra Aninda Putri Al Farid terpilih sebagai Duta Bahasa Jabar yang dilaksanakan di Hotel Travello Bandung, Kamis (20/7) lalu. Keduanya merupakan mahasiswa UPI. Zainal merupakan alumni jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, sedangkan Azharra mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Kegiatan ajang tahunan ini juga diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa universitas se-Jawa Barat.

Zainal mengatakan, tidak ada dalam pikirannya untuk mengikuti seleksi menjadi Duta Bahasa Jawa Barat, bahkan ia lupa kalau ada kegiatan tersebut. “Kebetulan ada kakak tingkat saya yang ngingetin kalau dua hari lagi seleksi mau ditutup,” ungkapnya.

Berbeda dengan Zainal, Azharra mengungkapkan bahwa yang membuatnya tertarik menjadi duta bahasa justru karena dia tidak bisa bahasa Sunda. “Dengan menjadi duta bahasa kita tidak harus sempurna terlebih dahulu dalam berbahasa daerah. Tapi di sana itu tempat untuk belajar bersama,” jelasnya.

Bagi Azharra, duta bahasa adalah orang-orang yang mau bergerak dalam memajukan bahasa lokal. Dirinya berharap tahun depan akan lebih banyak lagi yang mendaftar menjadi duta bahasa, terutama mahasiswa UPI. “Saya berharap tingkat kesadaran literasi kita bisa lebih tinggi lagi,” tambah Azharra.

Dalam hal ini, kata Zainal, tak melulu menjadi seorang duta bahasa terlebih dulu agar dapat melestarikan bahasa. Ia mengajak semua orang mau menjadi pelestari bahasa tanpa dilabeli duta bahasa terlebih dahulu.[]

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com