Diam, Maka Kau akan Tetap Hidup

36

Oleh: Kharisma Rahmawaty

Silence is survival, slogan yang diberikan oleh film A Quite Place benar-benar membuat siapapun yang menonton film ini akan otomatis terdiam dan enggan mengeluarkan suara sedikitpun karena dengan diam maka kamu akan hidup. Film yang mulai tayang pada 3 April 2018 ini dibintangi oleh Emily Blunt, John Krainski, Noah Jupe, dan Millicent Simmonds. John Krainski merangkap menjadi sutradara dalam Film yang bergenre Thriller  ini.

Diawali dengan adegan di sebuah toko tua yang sudah tidak bertuan, lalu seorang anak kecil berlari-lari melewati setiap rak yang berjejeran di sepanjang toko kemudian disusul kaki lain yang ikut berlarian kesana kemari menjadi pembuka dalam film ini. Ternyata didalam toko tersebut terdapat satu keluarga beranggotakan lima orang yang mungkin sedang mengambil keperluaan karena pada awal film ini juga terdapat seorang Ibu yang diperankan oleh Emily Blunt sedang merawat anak laki-lakinya yang terlihat sedang sakit obat dan persediaan bahan pangan.

Film ini sangat kentara tidak boleh ada suara, terlihat saat Emily Blunt akan mengambil obat yang tersimpan di rak,  Emily sangat hati-hati seakan tidak ingin mengundang tamu.

ketegangan awal terasa pada saat anak bungsu mereka dibunuh oleh alien yang mendengar suara bising roket mainan yang dinyalakan oleh bungsu.

Sayangnya, ketegangan yang dibayangkan akan terus berlanjut ternyata tidak berlanjut dengan cepat. Jeda yang cukup panjang untuk mendapatkan sensasi ketegangan kembali, selama jalan cerita yang bisa dikatakan biasa saja atau ketika film ini tidak menyuguhkan sensasi yang membuat penonton tegang dan was-was, mungkin penonton pun terus bertamya-tanya di mana lagi letak ketegangan yang akan ditunjukkan dalam film ini.

Ketegangan kembali terasa saat itu Emily Blunt sedang hamil tua kemudian anak pertamanya yang tuli pergi dari rumah tanpa sepengetahuan Emily, dan Krainski bersama anak laki-laki. Keadaan Emily yang sendirian dalam rumah dan harus melahirkan seorang diri, lebih parahnya lagi keadaan saat itu monster berada dirumah.

Dipenghujung film pun, A Quite Place berhasil membuat penonton terharu terhadap peran Ayah yang sangat melindungi keluarganya.

Krainski berhasil menyampaikan isi cerita dari film ini dengan sangat apik tanpa terburu-buru, sebab sedikit sekali percakapan, saking harus sunyinya maka para tokoh berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Itulah mengapa keluarga Krainski dapat bertahan hidup, karena kelebihan dari keluarga ini mereka masih bisa berkomunikasi meskipun menggunkan bahasa Isyarat, ternyata salah satu anak mereka memang tuli sehingga keluarga tersebut bisa berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan bahasa Isyarat.

Akting serta alur cerita yang sangat bagus membuat film ini berhasil mendapat pujian dari penonton. Masih terdengar suara-suara lain yang mendukung pemeran sehingga tetap menghidupkan jalannya cerita. John Krainski dan Emily Blunt adalah sepasangan suami istri baik pada film atau kesehariannya, tokoh satu dengan tokoh lainnya saling mendukung oleh itu mengapa dalam film ini sebuah keluarga benar-benar diceritakan hidup karena chemistry yang kuat.

Lantaran durasi waktu yang kurang lama sebab hanya 90 menit dan film ini merupakan film yang sederhana dan tidak dijelaskan sebab kejadian yang sedang diceritakan.  []

Redaktur: Dzahban Jodhie

Comments

comments