Seminar Pendidikan, Bentuk Keprihatinan Pendidikan di Indonesia

126

Oleh: Zaki Annasyath

Bandung, isolapo.com Sabtu (5/5), Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI) menggelar Seminar Pendidikan dan rapat kerja nasional dengan mengusung tema “Guru Masa Depan, Masa Depan Guru” yang diadakan di Ballroom Grand Asrila Hotel.

Seminar ini menghadirkan beberapa pembicara diantaranya  Amich Alhumami, Direktur Pendidikan Tinggi, IPTEK, dan Kebudayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional; Unifah Rosyidi, Ketua Umum PGRI; dan Cecep Darmawan. Turut hadir pula Enggartiasto Lukita, Ketua Umum IKAUPI.

Seminar pendidikan ini membahas kondisi pendidikan Indonesia saat ini. Unifah menjelaskan berbagai hal mengenai permasalahan guru di Indonesia “Memandang permasalahan guru harus komprehensif, jangan sebelah mata dan dari satu sudut saja. Itu tidak adil,” terang Unifah.

Lebih lanjut, Amich dan Cecep menjelaskan mengenai peningkatan kualitas guru melalui reformasi LPTK serta problematika Program Profesi Guru (PPG). Menurut Cecep kurikulum PPG masih belum jelas arahnya.“Pemerintah seharusnya memperbaiki sistem pendidikan di LPTK,” ujar Cecep di sela-sela pematerian.

Enggartiasto juga turut menambahkan, kualitas guru di Indonesia yang menurutnya  diperlukan sebuah standarisasi. “Mari kita buat standar, sehingga dengan demikian kualitas guru ada standarisasi tertentu,” tegasnya.

Salah satu peserta seminar, Sri Mulyati berharap dengan mengikuti seminar pendidikan ini akan mendapatkan wawasan yang luas, khususnya pendidikan. “Ingin mempunyai ilmu kependidikan lebih jauh lagi.”[]

Comments

comments