Tiga UKM Silat Tolak di Satukan

486

Oleh: Firdhayanti

Bumi Siliwangi, isolapos.com— Tadjimalela, Pencak Silat Tenaga Dasar (PSTD), dan Perisai Diri (PD) adalah unit kegiatan mahasiswa (ukm) yang terancam mengalami regrouping oleh UPI.
Joni Rahmat Pramudia selaku Kepala Divisi Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan Dirmawa UPI mengkonfirmasi hal tersebut saat ditemui oleh isolapos. “Kenapa tidak di regrouping? Dikelompokkan lagi menjadi satu ukm pencak silat yang besar“ ujar Joni.

Joni menjelaskan, perampingan UKM tersebut dilakukan untuk menghindari organisasi ekstra kampus. Ia mengatakan Tadjimalela adalah organisasi ekstra kampus.“Kalau dikaji konteksnya itu agak keliru. Setelah dikaji AD/ART nya, itu adalah organisasi komisariat UPI. Dia punya Tadjimalela Bandung, Tadjimalela yang lain. Itu kan sama dengan HMI, nanti yang lain juga bisa ikut dong” ujar Joni.

Ia juga menyebutkan Peraturan Rektor tentang Ormawa UPI pasal 25 tentang Pelarangan mengikuti segala bentuk ekstra kampus dengan membawa nama Universitas Universitas Pendidikan Indonesia.
“Kan di peraturan udah ada. Organisasi ekstra tidak boleh memperoleh sekretariat, tidak boleh dapat izin rektor. Beda dengan intra.” Tutur Joni.

Ahmad, selaku mantan ketua ukm Tadjimalela UPI mengatakan bahwa mereka mengetahui perampingan ukm tersebut pada bulan September 2018. “Kami tahu wacana untuk disatukan itu pas mengajukan pembuatan SK pengurusan baru. Disana digulirkan wacana itu yang membuat SK kita nggak bisa keluar sampai sekarang” ujarnya saat dihubungi via whatsapp.

Ahmad juga mengatakan pernah berunding bersama PSTD dan PD, ceritanya pun sama-sama penolakan.
“Saya sempat diskusi dengan perwakilan dari pstd dan pd, ya opini yang dikeluarkan sama, yaitu penolakan dan minta kejelasan akan duduk permasalahannya gimana.” Jelas Ahmad

Ketiga ukm tersebut sempat melakukan audiensi dengan Dirmawa UPI namun ketiganya tidak mendapatkan kepuasan atas hasilnya. “Hasilnya cenderung diambil sepihak oleh Dirmawa UPI. Katanya akan audiensi ulang, tapi sampai saat ini belum ada kabar terbaru lagi” ujar Ahmad

“Meskipun kita dibawah naungan IPSI tapi latar belakang kita beda-beda” tutur Zul selaku ketua divisi diklat PD saat dihubungi via whatsapp

“Sempat ada pertemuan tetapi masih bingung sistemnya nanti gimana, nah kita dari setiap UKM silat khususnya Tadjimalela, PSTD, dan PD ingin mengajukan audiensi kembali untuk membicarakan penggabungan ini, dengan mengundang pembina dan pelatih teh” ujar Zul. []

Redaktur: Dzahban Jodhie

Comments

comments