UKM Gulat UPI Pertahankan Gelar Juara Tingkat Nasional

142

Oleh: Agung Purnomo

Jakarta, Isolapos.com– Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gulat UPI menjadi juara umum di Kejuaraan Nasional Gulat antar perguruan tinggi. Acara tersebut diselenggarakan oleh Klub Olahraga Prestasi (KOP) Gulat Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 17-29 November di Jakarta.

Dibawah arahan pelatih nasional sekaligus mantan atlet nasional, Bambang Erawan, UKM Gulat UPI memperoleh 5 medali emas, 3 perak dan 7 perunggu. Medali emas tersebut disumbangkan Hamdian Rahmat (59kg gaya grego) dan Feri Budiawan (66kg gaya grego). Sementara 3 emas lainnya disumbangkan pegulat putri UPI, Yustika Astri (53kg), Eka (58kg) dan Kharisma Tantri (76kg).

Kemenangan tersebut hasil proses pembinaan yang dilakukan UKM Gulat UPI. Bambang mengungkapkan, perjuangan mereka tidaklah mudah. UKM Gulat UPI melakukan proses pembinaan 5 kali seminggu ditengah sarana dan prasarana yang minim. “Karena kendala, akhirnya kami memutuskan untuk pemusatan latihan di GOR Pajajaran agar lebih efektif dalam proses latihannya,” ungkap Bambang yang juga dosen FPOK Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

Selain itu UPI juga harus menghadapi lawan terberat yaitu STKIP dan UNJ, tuan rumah kompetisi tersebut. “Perjuangan yang sangat berat dilalui oleh mahasiswa UPI, Karena lawan terberat UPI yaitu STKIP dan UNJ yang saling berebut poin untuk mendapat gelar juara umum,” ujar Bambang

Perolehan itu menjadi modal awal pembuktian bagi UKM Gulat UPI. Meskipun kompetisi cabang olahraga gulat kalangan mahasiswa masih minim diselenggarakan, UKM Gulat UPI selalu menjadi yang terbaik tingkat Jawa Barat maupun Nasional. Tercatat tahun 2011, UKM Gulat UPI menjadi juara pada kompetisi yang sama sekaligus membawa Piala Kemenpora.[]

Redaktur: Muhammad Zaki Annasyath

Comments

comments