Penetapan Pemenang Pemilu BEM Rema UPI 2020

378

Oleh: Muhammad Wildan Al Gifari

Bumi Siliwangi, Isolapos.com—Pengumuman pemenang Pemilihan Presiden BEM Republik Mahasiswa (Rema) UPI resmi diumumkan pada hari Kamis(12/3) di sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rema UPI, Gedung Gegeut-Winda lantai 2. Pemilu tahun ini menjadi pemilu dengan jumlah pemilih terbesar dibanding tahun-tahunnya.

Ghifari Ramadika Putra, selaku Ketua KPU Rema UPI 2020 merasa bersyukur dengan pencapaian tahun ini. “Peminat partisipasi dalam Pemilu Rema UPI mencapai 13.400, itu merupakan rekor,” ungkapnya.

Namun ia juga mengungkap bahwa KPU Rema UPI mengalami kesulitan dikarenakan kurangnya sumber daya manusia yang menggerakkan kegiatan pesta demokrasi tersebut.

Hal yang menarik dari pemilu ini ialah pertama kalinya dalam sejarah Rema UPI, presiden mahasiswa dimenangkan oleh wanita. Pasangan Fatiha Khoirotunnisa Elfahmi-Suprayetno unggul dengan meraih suara berjumlah 35.95 %. Disamping adanya kasus hate speech yang berbau seksisme dan patriarkis terhadap calon presiden mahasiswa dari kalangan wanita.

Ditemui Isolapos, Fatiha merasa tidak menyangka sebab ia berhadapan dengan calon-calon lain yang menurutnya juga bukan orang-orang yang sembarangan. “Ini merupakan tanggung jawab dari Tuhan,” ujarnya.

Setelah pelantikan, Elfa mengatakan bahwa dia bersama wakilnya Yetno segera merancang program-program yang sudah dirumuskan. Seperti pemenuhan kebutuhan mahasiswa, penunjang untuk prestasi mahasiswa di bidang olahraga & seni, juga peningkatan advokasi untuk mahasiswa. “Kita ingin menganalisis sejauh mana program kita ini bermanfaat,” tutup Elfa.[]

 

Redaktur: Rio Tirtayasa

Comments

comments