Perpustakaan UPI Masih Menunggu Sertifikat ISO Turun

81

Bumi Siliwangi. Isolapos.com-

Sumber foto: grpflags.com

Sebagai salah satu unit penunjang layanan informasi di bidang pendidikan, pembelajaran dan penelitian pepustakaan UPI semakin berbenah diri dengan memberikan segala kemudahan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang diperlukan pengguna perpustakaan. Terbukti dengan dipilihnya perpustakaan UPI sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis yang ditunjuk oleh rektor awal 2010 untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008.

Dengan sertifikasi ISO ini sistem manajemen dan pelayanan perpustakaan UPI dibenahi. ”Namun dalam hal ini juga harus ada sinergi antara perpustakaan dengan mahasiswa,” ujar Staff bagian koleksi layanan jurnal dan kurikulum, Herli Bahtiar.

Sampai hari ini proses untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 telah sampai tahap audit akhir dan diperkirakan enam bulan kedepan perpustakaan UPI akan mendapatkan sertifikat tersebut.

Selama ini banyak mahasiswa yang mengeluhkan mengenai buku-buku di perpustakaan yang jarang up-date. Menurut Kepala Perpustakaan UPI, Yooke Tjuparma, koleksi buku-buku baru di perpusakaan banyak, tapi buku-buku baru tersebut langsung habis dipinjam karena sirkulasi sangat tinggi. ”Saya senang karena dengan begitu berarti mahasiswa kita itu gila baca,” ujarnya

Yooke mengatakan, setiap tahun ada dana dari universitas untuk pengadaan buku. Saat ditanya angka nominalnya, Yooke tidak mau memberikan jawaban. “Selain dari universitas, ada juga sumbangan buku-buku dari alumni,” ujarnya.

Jumlah dan jenis buku yang dibeli tiap tahun ditentukan dari desiderata (daftar buku yang dibutuhkan pengunjung namun tidak ada di perpustakaan). Daftar buku-buku tersebut akan diajukan kepada tim khusus pengadaan. Namun belum tentu semua daftar buku yang diajukan akan dibelikan.

Yooke juga mengeluhkan sikap pengunjung yang melakukan vandalisme yang dapat merusak koleksi perpustakaan.”Kami telah bekerja maksimal, tapi itu tidak akan ada artinya kalau tidak ada partisipasi dari pengunjung,” katanya. [Siti]

Comments

comments