UPI Adakan Quisioner Kinerja Dosen

59

Bumi Siliwangi, isolapos.com,-

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan memberlakukan quisioner tentang tingkat kepuasaan mahasiswa terhadap kinerja dosen. Survei ini, telah ada dan sudah bisa di isi di website UPI. Namun, menurut Saepudin Ketua Satuan Penjaminan Mutu UPI mengatakan, bahwa program tersebut masih dalam tahap proses dan uji coba.

“Mudah-mudahan September, awal semester sudah bisa diberlakukan,” ujar Saepudin saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, bahwa program tersebut dilakukan sebagai bentuk pelayanan terhadap mahasiswa.  “Dosen itu kan tugasnya sudah jelas sebagai pelayan,” tuturnya.

Menurutnya, hasil dari quisoner tersebut akan menjadi ukuran tingkat pelayanan universitas terhadap mahasiswa. Hal itu, nantinya akan menjadi pedoman pengembangan pembinaan bagi para dosen yang masih belum memenuhi tingkat kepuasan mahasiswa.

Namun, Saepudin menambahkan bahwa program ini tidak mudah untuk dijalankan, mengingat banyak biaya dalam pelaksanaanya. “Ini sangat penting karena ini berkaitannya dengan mutu, tapi semua ini harus pake uang,” ucap Saepudin mengakhiri.

Menanggapi hal tersebut, salah satu Dosen Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU), Agus Rafkhiuddin, mengatakan bahwa dirinya mendukung atas program yang akan dilakukan oleh pihak universitas tersebut. “Kalau itu untuk peningkatan mutu, apalagi kalo sudah ada sertifikasi dosen,” ujar Agus.

Selain itu, menurutnya dalam pembuatan instrument uji tingkat kepuasaan mahasiswa terhadap dosen, harus melibatkan para dosen. Tujuannya, agar dosen tahu apa yang menjadi keluhan mahasiswa.  “Bukan hanya lembaga saja yang tahu,” tegasnya. [Resti S. Cahyati]

Comments

comments