K3: Keamanan dan kenyamanan tanggung jawab bersama

149

Oleh : Pathan Ismail

Berdasarkan data yang diperoleh dari K3 UPI, masih banyak terjadi kasus kehilangan di lingkungan Universitas pendidikan Indonesia. Dari bulan Juli sampai Desember 2015, terhitung ada 3 unit sepeda sepeda motor, STNK 124 buah, 54 buah helm, Handphone 19 buah, tas 6 buah, 1 unit kamera dan 16 barang lain yang hilang.

Kehilangan ini bukan saja menjadi tanggung jawab keamanan di UPI, karena terdapat juga kehilangan yang disebabkan oleh keteledoran pemiliknya sendiri. “Kemarin ada kehilangan motor Honda CBR di gymnasium karena kuncinya ngegantung dengan stnk-nya,” tutur Komis salah satu tim K3 UPI, saat ditemui di ruangannya.

Ia menambahkan, dalam menanggulangi maraknya laporan kehilangan sepeda motor yang di parkir di UPI, pihaknya telah mengganti peraturan tiket kartu parkir dengan STNK. Peraturan tersebut telah diberlakukan sejak tahun pertengahan tahun 2015. Dengan menunjukkan STNK, menurutnya hal ini berdampak pada berkurangnya jumlah kehilangan sepeda motor.

Akan tetapi, walaupun jumlah kehilangan sepeda motor telah berkurang, masih banyak terdapat kehilangan lain yang masih terjadi. Dari bulan Januari hingga pertengahan April 2016 ini, kehilangan helm misalnya, tercatat 29 laporan yang masuk. Komis mengatakan, untuk menyelesaikan masalah ini semua pihak perlu bekerjasama untuk tetap waspada. []

Redaktur : M. Syahid Syawahidulhaq

Comments

comments